PENGARUH PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN IBU TERHADAP KEJADIAN ISPA PADA BAYI DAN ANAK BALITA (Studi di Puskesmas Pakel, Kabupaten Tulungagung Propiusi Jaws Timur Tahun 2006)

IRA KUSUMANING AYU, 100431317 (2006) PENGARUH PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN IBU TERHADAP KEJADIAN ISPA PADA BAYI DAN ANAK BALITA (Studi di Puskesmas Pakel, Kabupaten Tulungagung Propiusi Jaws Timur Tahun 2006). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-ayuirakusu-2327-fkm370-k.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-ayuirakusu-2327-fkm3706.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ISPA merupakan pembunuh utama kematian bayi serta balita di Indonesia. Rendahnya kualitas kesehatan anggota keluarga termasuk anak disebabkan rendahnya pengetahuan seorang ibu, terutama di desa, mengenai kesehatan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, sikap dan tindakan ibu terhadap kejadian ISPA pada bayi dan balita di Puskesmas Pakel, Kabupaten Tulungagung, Propinsi Jawa Timur. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian observasional sedangkan berdasarkan tipe penelitian adalah penelitian analitik, dan menggunakan desain penelitian cross sectional. Besar sampel 87 orang ibu bayi/balita yang diambil secara acak sederhana. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan kuisioner. Untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen digunakan uji regresi logistik. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa pengetahuan ibu (p=0,01; OR=10,810), sikap ibu (p=0,031; OR=3,353) berpengaruh terhadap kejadian ISPA pada bayi/balita, sedangkan tindakan (p=0,53I) tidak berpengaruh terhadap kejadian ISPA pada bayi/balita. Jadi dapat disimpulkan dari hasil penelitian dengan tingkat kemaknaan 95% (a=0,05) menunjukkan bahwa pengetahuan dan sikap ibu berpengaruh terhadap kejadian ISPA pada bayi/balita , sedangkan tindakan tidak berpengaruh. Menurut teori dijelaskan bahwa pengetahuan dan sikap positif tidak selalu diikuti oleh tindakan. Dalam praktek sehari-hari terjadi sebaliknya, seperti pada hasil penelitian ini, ibu telah berperilaku positif meskipun pengetahuan dan sikapnya masih negatif. Berdasarkan hasil penelitian, petugas kesehatan Puskesmas, baik perawat maupun bidan diharapkan tidak hanya berperan memberikan pelayanan kesehatan yang bersifat kuratif saat di Puskesmas Baja, tetapi diharapkan juga dapat memberdayakan kaum perempuan dalam meningkatkan pengetahuan kesehatannya di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.37/06 Ayu p
Uncontrolled Keywords: RESPIRATORY INFECTIONS IN CHILDREN
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ251-325 Newborn infants Including physiology, care, treatment, diseases
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
IRA KUSUMANING AYU, 100431317UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPrijono Satyobakti, dr., M.S., MPHUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 29 Sep 2006 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 17:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23466
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item