UPAYA PEMASARAN BERDASARKAN ANALISIS HARAPAN DAN PENILAIAN PASIEN TERHADAP ASPEK BAURAN PEMASARAN 4 P (PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION) : Studi Kasus di Rumah Bersalin-Balai Kesehatan Ibu dan Anak Aisyiyah Kabupaten Tulungagung

CUT MALA HAYATI ANSHARI, 1002109441 (2006) UPAYA PEMASARAN BERDASARKAN ANALISIS HARAPAN DAN PENILAIAN PASIEN TERHADAP ASPEK BAURAN PEMASARAN 4 P (PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION) : Studi Kasus di Rumah Bersalin-Balai Kesehatan Ibu dan Anak Aisyiyah Kabupaten Tulungagung. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-ansharicut-2654-fkm189-t.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-ansharicut-2654-fkm189-6.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesuksesan berdirinya suatu rumah bersalin dapat dilihat dari jumlah kunjungan pasien, baik jumlah kunjungan pasien per bulan maupun kunjungan pasien per tahun. Rumah Bersalin-Balai Kesehatan lbu dan Anak `Aisyiyah Tulungagung mempunyai target jumlah kunjungan pasien per bulan sebesar 40 pasien. Namun pada kenyataannya, 3 tahun terakhir jumlah kunjungan pasien di RB-BKIA `Aisyiyah Tulungagung belum mampu memenuhi target. Dengan terjadinya kasus ini dilihat masalah yang terjadi dalam hal harapan dan penilaian pasien terhadap aspek bauran pemasaran 4P, yaitu product, price, place, promotion. Tujuan penelitian ini adalah menyusun upaya pemasaran berdasarkan harapan dan penilaian pasien terhadap aspek bauran pemasaran 4 P (product, price, place, dan promotion) di RB-BKIA `Aisyiyah Tulungagung. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan secara cross sectional selama bulan April-Mei 2006. Jumlah sampel adalah 76 pasien yang diambil secara simple random sampling. Hasil penelitian ini adalah sebagian besar responden benunur antara 21-30 tahun dengan latar belakang pendidikan sebagian besar SMA. Sebagian besar responden berprofesi sebagai ibu rumah tangga dan sebagian besar melahirkan anak pertama. Sebagian besar responden menilai baik terhadap produk dan sudah sesuai dengan harapan, penilaian sebagian besar responden terhadap harga baik dan sudah sesuai dengan harapan, dan terhadap tempat sebagian besar responden menilai baik dan sesuai dengan harapan. Sedangkan penilaian responden terhadap promosi khususnya poster tidak baik karena media promosi yang ada saat ini hanya poster dan responden mempunyai harapan terhadap promosi yaitu adanya peningkatan media promosi. Upaya pemasaran berdasarkan harapan dan penilaian pasien terhadap aspek bauran pemasaran 4P yang dilakukan RB-BKIA `Aisyiyah Tulungagung perlu ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan pasien. Kesimpulan dari penelitian adalah 3 aspek pemasaran sudah mendapat penilaian baik Bari responden dan sudah sesuai dengan harapan. Untuk aspek promosi, responden menilai yang dilakukan RB-BKIA `Aisyiyah Tulungagung tidak balk karna media promosi yang ada hanya poster. Disarankan perbaikan isi poster agar lebih menarik. Selain poster dapat dibuat media leaflet dan brosur, juga media elektronik berupa radio. Selain itu disarankan pelayanan di bidang administrasi hendaknya lebih tepat dan cepat dan bidan dapat lebih bersikap ramah dan murah senyum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.189/06 Ans u
Uncontrolled Keywords: MARKET SHARE
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
CUT MALA HAYATI ANSHARI, 1002109441UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEmawaty, drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 18 Oct 2006 12:00
Last Modified: 27 Oct 2016 22:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23478
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item