ANALISIS INDEKS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA KUALITAS PELAYANAN DI UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT PETROKIMIA GRESIK (Berdasar KEP/25/M.PAN/2/2004)

ANITA FITRI DANIATI, 1002109561 (2006) ANALISIS INDEKS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA KUALITAS PELAYANAN DI UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT PETROKIMIA GRESIK (Berdasar KEP/25/M.PAN/2/2004). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-daniatiani-2655-fkm190-t.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-daniatiani-2655-fkm190-6.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Banyaknya rumah sakit sekarang ini menimbulkan persaingan ketat dan. menimbulkan tantangan yang besar bagi pemilik rumah sakit untuk memperbaiki kualitas pelayanan sehingga dipercaya oleh masyarakat. Keberhasilan rumah sakit dapat dilihat dari penggunaan tempat tidur perawatan oleh pasien (BOR) dan adanya keluhan dari pasien sebagai indikator dari ketidakpuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Indeks Kepuasan Masyarakat di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Petrokin:6a Gresik untuk dapat diketahui mutu layanannya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dan bersifat deskriptif. Sampel penelitian ini adalah 69 orang responden dengan teknik pengambilan secara simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini meliputi karakteristik pasien dan 14 unsur pelayanan yang dikaji. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai dari Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Unit .Rawat Inap Rumah Sakit Petrokimia Gresik adalah 2,845 yang berarti mutu layanan dan kinerja pelayanannya adalah baik. Meskipun secara keseluruhan mutu dari Unit Rawat Inap adalah baik, akan tetapi ma ih terdapat beberapa unsur layanan yang dinilai masih kurang. Unsur layanan tersebut yaitu kejelasan petugas pelayanan yang mendapatkan nilai komposit sebesar 2,54, unsur pemecahan masalah yang mendapatkan nilai 2,56, dan unsur reliabilitas yang mendapatkan nilai komposit sebesar 2,71. Maka dari itu sebaiknya pemantauan kualitas jasa di Unit Rawat Inap diadakan secara periodik 6 bulan sekali sampai l tahun sekali sehingga dapat dievaluasi kualitas mutu layanannya dan dapat terus ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.190/06 Dan a
Uncontrolled Keywords: SERVICE QUALITY
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ANITA FITRI DANIATI, 1002109561UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDjazuly Chalidyanto, S.KM., M. ARSUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 18 Oct 2006 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 20:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23479
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item