PENGARUH PEMBERIAN BAWANG PUTIH TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH DI PUSKESMAS MULYOREJO SURABAYA

BAGUS REGIANTO, 100431549 (2006) PENGARUH PEMBERIAN BAWANG PUTIH TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH DI PUSKESMAS MULYOREJO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-regiantoba-2316-fkm570-k.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-regiantoba-2316-fkm5706.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hipertensi mengakibatkan peningkatan angka kesakitan dan angka kematian. Jumlah penderita hipertensi diperkirakan sebesar 15 juta dari keseluruhan penduduk Indonesia. Pengobatan yang diberikan kepada penderita hipertensi adalah terapi pengobatan farmakologi dan non farmakologi yaitu diit, olah raga, mengurangi berat badan, ciptakan keadaan rileks dan pengobatan tradisional. Obat tradisional yang dapat menurunkan tekanan darah adalah bawang putih yang telah dipergunakan sejak zaman kuno. Desain penelitian adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan pendekatan separate sample pretest posttest. Dalam penelitian ini dianalsis pengaruh pemberian kapsul ekstrak bawang putih terhadap penurunan tekanan darah penderita hipertensi dalam tiga dosis yang berbeda yaitu dosis 1 (1 x 1) kapsul perhari, dosis 2 (2 x 1) kapsul perhari dan dosis 3 (3 x 1) kapsul perhari. Rancangan penelitian adalah percobaan faktorial dengan satu variabel kontrol dan tiga variabel taraf perlakuan dimana pada masing-masing variabel terdapat 11 perulangan. Jadi total sampel yang diambil adalah 44 sampel. Analisis data dilakukan dengan beberapa teknik yaitu analisis deskriptif untuk mengeksplorasi karakteristik responden dan uji One Way ANOVA digunakan untuk menguji pengaruh pemberian bawang putih pada penurunan tekanan darah sistolik maupun diastolik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang nyata pads pemberian bawang putih terhadap penurunan tekanan darah penderita hipertensi. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji One Way ANOVA pada penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik memberikan basil yang signifikan yaitu ρ value sistolik (Sig). = 0,000 <α = 0,05 dan ρ value diastolik (Sig). = 0,004 <α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang bermakna dari pemberian bawang putih terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi tingkat rendah dan sedang. Dosis 3 yang terbaik dalam menurunkan tekanan darah adalah 3 kali 1 perhari. Selain itu disarankan agar disosialisasikan pemanfaatan bawang putih untuk terapi non farmakologik (pengobatan tradisonal) pada penderita hipertensi dan masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 57/06 Reg p
Uncontrolled Keywords: HYPERTENSION, GARLIC
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
BAGUS REGIANTO, 100431549UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPrijono Setyabakti, dr., M.S., M.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 29 Sep 2006 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 22:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23497
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item