MATRIKS QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) ATAU HOUSE OF QUALITY BERDASARKAN DIMENSI MUTU DARI GRONROOS: Studi Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Surabaya A. Yani

INDAH SARI WULANDARI, 100311147 (2007) MATRIKS QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) ATAU HOUSE OF QUALITY BERDASARKAN DIMENSI MUTU DARI GRONROOS: Studi Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Surabaya A. Yani. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-wulandarii-6223-fkm430-t.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-wulandarii-6223-fkm4307.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun matriks Quality Function Deployment atau House of Quality. Penelitian ini merupakan studi observasional dan cross sectional dengan menggunakan Quality Function Deployment. Dimensi mutu yang digunakan pada penelitian ini adalah dimensi Gronroos, yaitu professionalism and skills, attitudes and behavior, accessibility and flexibility, reliability and trustworthiness, recovery, dan reputation and credibility. Pada penelitian ini juga menggunakan metode survei dengan pengumpulan data secara total sampling di ruang rawat inap Rumah Sakit Islam Surabaya. Hasil penelitian ini adalah atribut dan desain pelayanan dokter yang perlu ditingkatkan adalah visite dokter dilakukan setiap hari dan tepat waktu. Atribut dan desain pelayanan perawat yang perlu ditingkatkan adalah kecepatan perawat melakukan tindakan dan perawat memelihara kerapian dan kebersihan lingkungan pasien. Atribut dan desain pelayanan petugas apotek yang perlu ditingkatkan adalah kemampuan petugas apotek dalam mempersiapkan atau meracik obat dan membuat data obat (kadarluwarsa, jenis obat, penempatan, dan lain - lain) secara komputerisasi. Atribut dan desain pelayanan petugas laboratorium yang perlu ditingkatkan adalah rasa yakin terhadap hasil pemeriksaan laboratorium dan mengambil spesimen sampel dengan hati - hati dan memberi tahu prosedurnya serta memberi konsultasi hasil pemeriksaan laboratorium. Atribut dan desain pelayanan petugas gizi yang perlu ditingkatkan adalah petugas gizi tepat waktu mengantarkan makanan dan menyediakan bahan makanan khusus untuk pasien dengan diet khusus. Atribut dan desain pelayanan petugas administrasi yang perlu ditingkatkan kecepatan petugas menghitung biaya dan waktu menunggu administrasi pulang kurang dari 1 jam. Atribut dan desain pelayanan petugas parkir yang perlu ditingkatkan adalah tanggung jawab terhadap keamanan kendaraan dan terdapat petugas jaga parkir 24 jam serta memeriksa tanda kepemilikan kendaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.43/07 Wul m
Uncontrolled Keywords: QUALITY FUNGTION DEPLOYMENT; MEDICAL PERSONNEL AND PATIENT
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
INDAH SARI WULANDARI, 100311147UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDjazuly Chalidyanto, S.KM., M.ARSUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 06 Mar 2008 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 15:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23506
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item