HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN,SIKAP DAN POLA MEROKOK ANGGOTA KELUARGA DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA: Studi di Puskesmas Sidoarjo Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo

SOFIANA EKASARI, 100311186 (2007) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN,SIKAP DAN POLA MEROKOK ANGGOTA KELUARGA DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA: Studi di Puskesmas Sidoarjo Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-ekasarisof-6224-fkm440-t.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-ekasarisof-6224-fkm4407.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Merokok merupakan suatu kebiasaan yang dapat menyebabkan ketergantungan dan juga termasuk faktor risiko utama terjadinya gangguan pernafasan. Selain berpengaruh buruk pada perokok sendiri, seseorang yang menghirup asap rokok di lingkungan justru mempunyai risiko yang lebih besar untuk menderita sakit seperti Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Tujuan penelitian untuk mempelajari hubungan antara pengetahuan, sikap dan pola merokok anggota keluarga dengan kejadian ISPA pada balita di Puskesmas Sidoarjo Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional dengan desain case control. Populasi kasus penelitian ini adalah semua balita (1-4 tahun) yang pernah berobat di Puskesmas Sidoarjo dan tercatat sebagai penderita ISPA dengan kriteria yang bertempat tinggal di gang kecil. Sedangkan Populasi kontrol adalah Semua balita (1-4 tahun) yang pernah berobat di Puskesmas Sidoarjo dan tidak tercatat sebagai penderita ISPA dengan kriteria yang bertempat tinggal di gang kecil. Besar sampel kasus dan kontrol masing-masing sebanyak 30 balita yang ditentukan dengan menggunakan metode Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Chi-Square, Apabila uji tidak memenuhi syarat uji chi square selanjutnya digunakan uji fisher exact. Berdasarkan hasil uji statistik menunjukkan hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan anggota keluarga tentang dampak merokok terhadap kejadian ISPA pada balita, pola merokok anggota keluarga (lama merokok, jumlah batang rokok, jumlah anggota keluarga yang merokok, jarak perokok dengan balita). Tidak didapatkan hubungan yang bermakna antara sikap anggota keluarga, pola merokok anggota keluarga (jenis rokok, cara menghisap rokok) dengan kejadian ISPA pada balita. Hal ini mungkin disebabkan karena adanya faktor-faktor lain yang mempengaruhi terjadinya ISPA pada balita. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai dampak buruk merokok pasif bagi balita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.44/07 Eka h
Uncontrolled Keywords: SMOKING; COMMUNICABLE DISEASE IN CHILDREN
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC705-779 Diseases of the respiratory system
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ251-325 Newborn infants Including physiology, care, treatment, diseases
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
SOFIANA EKASARI, 100311186UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorArief Hargono, drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 06 Mar 2008 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 15:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23507
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item