FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENANGANAN DIRI DIABETES MELITUS PADA LANSIA: Studi di Puskesmas Manukan Kulon Kecamatan Tandes Kota Surabaya

DWI APRILIANA SARI, 100311215 (2007) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENANGANAN DIRI DIABETES MELITUS PADA LANSIA: Studi di Puskesmas Manukan Kulon Kecamatan Tandes Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-saridwiapr-6225-fkm450-t.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-saridwiapr-6225-fkm4507.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh lansia. Apabila tidak ditangani dengan baik dapat mengarah pada timbulnya komplikasi bahkan kematian dan kerugian yang tidak sedikit baik dari segi moril maupun materiil. Penanganan terhadap penyakit diabetes melitus yang meliputi diet yang tepat, olahraga rutin, minum obat secara teratur dan teratur periksa kadar gula darah merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh penderita diabetes melitus. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari beberapa faktor yang berhubungan dengan penanganan diri diabetes melitus pada lansia. Rancangan studi yang digunakan adalah cross sectional. Populasinya adalah pasien penderita diabetes melitus yang berusia 55 tahun atau lebih yang periksa dan berobat di Puskesmas Manukan Kulon pada bulan April 2007. Besar sampel 69 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode simple random sampling. Variabel bebas adalah tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan, tingkat pendapatan, dukungan keluarga, akses ke tempat pelayanan kesehatan. Variabel terikat adalah adalah penanganan diri diabetes melitus pada lansia. Analisis data yang digunakan adalah Chi Square dan Fisher's Exact Test. Hasil penelitian didapatkan bahwa faktor yang berhubungan dengan penanganan diri diabetes melitus pada lansia adalah tingkat pendidikan (p=0,003), tingkat pengetahuan (p=0,000), dukungan keluarga (p=0,000). Faktor yang tidak berhubungan dengan penanganan diri diabetes melitus pada lansia adalah tingkat pendapatan (p=0,713) dan akses ke tempat pelayanan kesehatan (p,746). Disimpulkan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang penyakit diabetes melitus dan dukungan keluarga dengan penanganan diri diabetes melitus pada lansia. Saran yang dapat diberikan pada puskesmas adalah dengan peningkatan pemberian informasi dan penyuluhan secara berkala baik bagi penderita maupun keluarganya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.45/07 Sar f
Uncontrolled Keywords: DIABETES; OLDER PEOPLE
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC71-78.7 Examination. Diagnosis Including radiography
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
DWI APRILIANA SARI, 100311215UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLucia Y. Hendrati, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 06 Mar 2008 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 16:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23508
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item