FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU SEKSUAL DI KALANGAN MAHASISWA: Studi Pada Mahasiswa Universitas Airlagga Surabaya

DIAN MENTARI KURNIASARI, 100311198 (2007) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU SEKSUAL DI KALANGAN MAHASISWA: Studi Pada Mahasiswa Universitas Airlagga Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-kurniasari-6248-fkm500-t.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-kurniasari-6248-fkm5007.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Beberapa penelitian di Indonesia menunjukkan bahwa perilaku seksual remaja sudah melebihi batas dan cukup mengkhawatirkan terutama pada masa remaja akhir. Bahkan remaja cenderung bersikap permisif terhadap seks bebas. Hal ini disebabkan terbukanya peluang aktifitas pacaran yang mengarah kepada seks bebas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap perilaku seksual. Variabel perilaku seksual terdiri dari tingkat keintiman dan terjadinya hubungan seksual. Variabel penelitian ini jenis kelamin, sikap mengenai nilai seksualitas dan tingkat pengetahuan, peran keluarga, status tempat tinggal dan sumber informasi masalah seksual, lama pacaran. tingkat keintiman sebelumnya dan terjadinya hubungan seksual sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Airlangga yang sedang berpacaran. Besar sampelnya adalah 88 responden yang berasal dari 11 fakultas di Unair. Pengambilan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner oleh responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden (35,2%) tingkat keintimannya tinggi, yaitu minimal telah melakukan meraba daerah sensitif hingga hubungan seksual. Hasil uji Goodman-kruskal tau menunjukkan bahwa ada pengaruh sikap mengenai nilai seksualitas, tingkat pengetahuan, peran keluarga dan tingkat keintiman sebelumnya terhadap tingkat keintiman saat ini. Selain itu, ada pengaruh sikap mengenai sekualitas, tingkat pengetahuan, tingkat keintiman sebelumnya dan terjadinya hubungan seksual sebelumnya terhadap terjadinya hubungan seksual saat ini. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan ada kontrol dari orang tua terhadap anak dan adanya kebijakan dari pemerintah terhadap segala media maupun sarana teknologi. Adanya pemberian pendidikan kesehatan reproduksi remaja terutama mengenai perilaku dalam berpacaran juga dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.50/07 Kur f
Uncontrolled Keywords: TEENAGERS - SEXUAL BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ19-30.7 Sexual behavior and attitudes. Sexuality
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
DIAN MENTARI KURNIASARI, 100311198UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDr. Hari Basuki Notobroto, dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 11 Mar 2008 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 16:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23514
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item