UPAYA PENINGKATAN KUALITAS INFORMASI PADA LAPORAN PUSKESMAS KENJERAN SURABAYA: Studi Perbandingan Dengan Puskesmas Rangkah Surabaya

FELLICIA FAUSTINA, 100311130 (2007) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS INFORMASI PADA LAPORAN PUSKESMAS KENJERAN SURABAYA: Studi Perbandingan Dengan Puskesmas Rangkah Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-faustinafe-6257-fkm580-t.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-faustinafe-6257-fkm5807.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu penentu keberhasilan manajemen kesehatan adalah tersedianya data dan informasi kesehatan yang akurat untuk dipakai dasar perencanaan, pemantauan, dan evaluasi. Puskesmas Kenjeran memiliki kualitas informasi pada laporan Puskesmas yang kurang baik. Hal itu ditunjukkan dengan adanya ketidakakuratan pada laporan dan ketidaktepatan waktu pengumpulan laporan ke DKK Surabaya. Penelitian yang bertujuan untuk mengupayakan peningkatan kualitas informasi pada laporan Puskesmas Kenjeran ini bersifat deskriptif , dengan menggunakan metode survey observasional yang dilaksanakan secara cross sectional pada bulan Mei 2007. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 32 petugas Puskesmas, yaitu 13 petugas di Puskesmas Kenjeran dan 19 petugas Puskesmas Rangkah dari populasi 32 petugas Puskesmas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi brainware, komitmen manajemen, dan pengolahan data yang meliputi: pencatatan, penggolongan, dan pengambilan kembali data di kedua Puskesmas sudah baik. Sedangkan kondisi soft are (application software), pengawasan oleh Koordinator SP2TP, dan pengolahan data yang meliputi: penyimpanan data dan reproduksi data tergolong tidak baik. Di Puskesmas Rangkah untuk pengawasan oleh Kepala Puskesmas, koordinasi, dan pengolahan data yang meliputi: pemeriksaan, peringkasan, dan penyebaran pengkomunikasian data lebih baik daripada Puskesmas Kenjeran. Kesimpulannya adalah di Puskesmas Rangkah yang digunakan untuk upaya peningkatan kualitas informasi pada laporan Puskesmas Kenjeran, yaitu: peningkatan pengawasan oleh Kepala Puskesmas, koordinasi, dan perbaikan pengolahan data yang meliputi: pemeriksaan, peringkasan, dan penyebaran pengkomunikasian data. Disarankan untuk meningkatkan pengawasan dan koordinasi oleh Kepala dan Koordinator SP2TP Puskesmas Kenjeran, serta menyediakan software (application software) untuk mengolah data Puskesmas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.58/07 Fau u
Uncontrolled Keywords: MEDICAL CENTERS - DATA PROCESSING
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
FELLICIA FAUSTINA, 100311130UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRatna Dwi Wulandari, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 12 Mar 2008 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 16:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23522
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item