KARAKTERISTIK SUAMI SELAMA PROSES KEHAMILAN SAMPAI NIFAS ISTRI : Studi Kasus di Desa Bulurejo Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang

RIZA UMAMI, 100311273 (2007) KARAKTERISTIK SUAMI SELAMA PROSES KEHAMILAN SAMPAI NIFAS ISTRI : Studi Kasus di Desa Bulurejo Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-umamiriza-8648-abstract-7.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-umamiriza-8210-fkm180-7.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peranan suami selama proses kehamilan sampai nifas istri sangat diperlukan karena dapat mengurangi rasa cemas, takut, serta dapat mendorong suasana tenang dan tentram bagi istri. Kurangnya peran suami selama proses kehamilan sampai nifas istri secara tidak langsung dapat menyebabkan kematian ibu dan bayi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji karakteristk suami dengan peran suami selama proses kehamilan sampai masa nifas istri dan faktor yang berhubungan dengan hal tersebut. Yaitu beberapa karakteristik responden yang meliputi tingkat pendidikan, pengetahuan, karakterisrik kehamilan, gravida istri, tingkat pendapatan keluarga, status bekerja suami dan istri saat hamil dan nifas Penelitian ini dilakukan di Desa Bulurejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pria PUS (Pasangan Usia Subur) yang mempunyai anak berusia < 1 tahun, sedangkan sampelnya adalah populasi yang terpilih dengan teknik sampling acak sederhana (Simple Random Sampling). Besar sample ditentukan dengan rumus yang digunakan untuk penelitian observasional dengan populasi (N) diketahui, yaitu 87 unit sample. Data diperoleh dengan cara wawancara menggunakan kuesioner dan dianalisis secara statistic dengan menggunakan uji chi square. Hasil dari analisis chi square dengan menggunakan crosstab menunjukkan bahwa semua variabel berhubungan dengan peran suami selama proses kehamilan sampai masa nifas istri. Variabel tersebut adalah tingkat pendidikan suami dan istri, tingkat pengetahuan suami dan istri, karakterisrik kehamilan, gravida istri, tingkat pendapatan keluarga saat hamil dan nifas, status bekeda suami dan istri saat hamil dan nifas. Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan petugas kesehatan harusnya lebih inovatif dalam hal meningkatkan peran suami selama proses kehamilan sampai nifas istri, disarankan hendaknya disediakan buku penghubung antara petugas kesehatan dengan suami dengan harapan suami akan lebih mengerti kondisi kesehatan istrinya selama kehamilan sampai nifas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.180/07 Uma k
Uncontrolled Keywords: PREGNANCY
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
RIZA UMAMI, 100311273UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNunik Puspitasari, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 24 Dec 2008 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 20:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23543
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item