UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN BERDASARKAN KAJIAN TERHADAP DIMENSI MUTU DABHOLKAR: Studi di Instalasi Rawat Jalan RSI Surabaya A. Yani

RIRIN WIDYOWATI. S, 100311097 (2007) UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN BERDASARKAN KAJIAN TERHADAP DIMENSI MUTU DABHOLKAR: Studi di Instalasi Rawat Jalan RSI Surabaya A. Yani. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-ririnwidyo-8994-abstract-7.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-ririnwidyo-8409-fkm205-7.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Terjadi penurunan jumlah kunjungan di IRJ RSI Surabaya A.Yani pada tahun 2003-2005 dengan rerata sebesar 9,95%. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun upaya peningkatan pemanfaatan pelayanan kesehatan berdasarkan dimensi mutu Dabholkar di IRJ RSI Surabaya A.Yani. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei yang dilakukan selama bulan Mei tahun 2007 pada 93 sampel di IRJ RSI Surrabaya A.Yani dengan menggunakan kuisoner guna memperoleh banyak informasi tentang variabel yang diteliti. Hasil penelitian ini dilihat dari lima dimensi kualitas jasa (aspek fisik, reliabilitas, interaksi personal, pemecahan masalah, dan kebijakar.), lalu didiagnosis menggunakan diagram kartesius. Setelah didiagnosis dan ditambah saran dari petugas, serta pasien untuk IRJ RSI Surabaya A.Yani dapat dibuat isu pelaksanaan pelayanan kesehatan di IRJ RSI Surabaya A.Yani. Upaya peningkatan pemanfaatan pelayanan kesehatan di IRJ RSI Surabaya A.Yani yang dapat dibuat berdasarkan hasil penelitian yaitu pelayanan dokter, pelayanan petugas apotik, penambahan petugas farmasi pada jam sibuk, pengembangan SIM, melengkapi jenis obat, prosedur administrasi lebih dipermudah, peningkatan pelayanan satpam, dan melengkapi fasilitas di RSI Surabaya A.Yani khususnya di rawat jalan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelayanan kesehatan di IRJ RSI Surabaya A.Yani sudah baik sehingga pelaksanaan pelayanan tersebut perlu dipertahankan meliputi penampilan petugas apotik, keramahan dan kesopanan petugas apotik, dan care berkomunikasi petugas apotik tentang penggunaan obat. Tetapi masih ada pelayanan kesehatan di IRJ RSI Surabaya A.Yani yang tidak baik sehingga pelaksanaannya perlu diprioritaskan dan ditingkatkan. Upaya peningkatan pemanfaatan pelayanan kesehatan di IRJ Surabaya A.Yani dilakukan melalui mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan dengan pertimbangan ketersediaan sumber daya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.205/07 Rir u
Uncontrolled Keywords: HOSPITALS - OUTPATIENT SERVICES
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
RIRIN WIDYOWATI. S, 100311097UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNyoman Anita Damayanti, Dr. dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 19 Jan 2009 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 21:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23554
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item