Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Penulisan Resep Sesuai Formularium (Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya)

Siti Mahfudhoh (2015) Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Penulisan Resep Sesuai Formularium (Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (256kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf

Download (250kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (286kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (313kB)
[img] Text (BAB III)
6. BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV METODE PENELITIAN.pdf

Download (611kB)
[img] Text (BAB V)
8. BAB V HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 18 May 2023.

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9. BAB VI PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 18 May 2023.

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VII)
10. BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 18 May 2023.

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 18 May 2023.

Download (950kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Formularium merupakan daftar obat yang digunakan sebagai acuan penulisan resep agar tercipta efisisiensi pelayanan obat kepada pasien. Berdasarkan data bulan Januari – April 2014 didapatkan bahwa kepatuhan penulisan resep sesuai formularium di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya sebesar 87,9%. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor yang mempengaruhi kepatuhan penulisan resep sesuai formularium. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional study. Subyek penelitian diambil dengan cara random sampling dan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan kuesioner dan dokumen resep obat. Variabel bebas penelitian ini sesuai dengan teori Milgram yaitu status lokasi, tanggung jawab personal, dukungan rekan, legitimasi figur otoritas, status figur otoritas dan kedekatan figur otoritas. Variabel tergantung dari penelitian ini adalah kepatuhan penulisan resep sesuai formularium. Analisis data dilakukan secara analitik menggunakan uji Korelasi Spearman (α=0,05). Kepatuhan penulisan resep sesuai formularium di RSI Jemursari Surabaya sebagian besar dalam kategori patuh (37,8%). Uji statistik Spearman Correlation menunjukkan tidak ada hubungan antara status lokasi dengan penulisan resep sesuai formularium (p=0,166), ada hubungan yang signifikan antara tanggung jawab personal dengan kepatuhan penulisan resep sesuai formularium (p=0,005), ada hubungan antara dukungan rekan dengan kepatuhan penulisan resep sesuai formularium (p=0,007), tidak ada hubungan legitimasi figur otoritas dengan kepatuhan penulisan resep sesuai formularium (p=0,841), tidak ada hubungan status figur otoritas dengan kepatuhan penulisan resep sesuai formularium dan ada hubungan kedekatan figur otoritas dengan kepatuhan penulisan resep sesuai formularium (p=0,002). Kesimpulan yang dapat ditarik adalah Ada hubungan yang signifikan antara tanggung jawab personal, dukungan rekan dan kedekatan figur otoritas dengan kepatuhan penulisan resep sesuai formularium. penulisan resep sesuai formularium dapat ditingkatkan dengan memberikan penghargaan berupa insentif penulisan resep sesuai formularium dan sanksi potongan gaji jika menulis resep tidak sesuai formularium, adanya daftar formularium elektronik di Instalasi Rawat Jalan yang terhubung dengan Instalasi Farmasi, dan mengadakan sosialisasi terhadap para dokter tentang formularium melalui pertemuan berkala antara manajemen dan staf medis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 17/15 Mah f
Uncontrolled Keywords: MEDICINE - FORMULAE, RECEIPTS, PRESCRIPTIONS
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Siti MahfudhohNIM101211123125
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorThinni Nurul RNIDN0011026501
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 20 Mar 2015 12:00
Last Modified: 18 May 2020 04:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23571
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item