Analisis Hubungan Kerjasama, Motivasi, Dan Sikap Bidan Dengan Kinerja Dalam Pelayanan Antenatal Pada Era Jkn Di Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan

Achmad Djunawan (2015) Analisis Hubungan Kerjasama, Motivasi, Dan Sikap Bidan Dengan Kinerja Dalam Pelayanan Antenatal Pada Era Jkn Di Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (235kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf

Download (123kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (212kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB III)
6. BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV METODE PENELITIAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text (BAB V)
8. BAB V HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 11 May 2023.

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9. BAB VI PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 11 May 2023.

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (BB VII)
10. BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 11 May 2023.

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 11 May 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan antenatal merupakan hal yang penting dalam mencegah kematian ibu. Pada tiga tahun terakhir terdapat peningkatan kematian ibu di Kecamatan Kejayan mulai dari 0 kematian pada tahun 2011, 1 kematian pada tahun 2012, dan 3 kematian pada tahun 2013. Pelayanan antenatal yang baik dapat menjadi salah satu faktor pencegah kematian ibu. Kunjungan ibu hamil dalam tiga tahun terakhir juga tidak mencapai target yang sebesar 100% untuk K1 dan 95% untuk K4. Kunjungan ibu hamil merupakan indikator cakupan pelayanan antenatal dan kualitas pelayanan antenatal. Selain itu mulai awal tahun 2014 telah diberlakukan Jaminan Kesehatan Nasional. Bidan yang dapat memberikan pelayanan antenatal pada pasien JKN hanyalah bidan yang telah menjalin kerjasama dengan BPJS atau PPK I kecuali dalam kondisi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kerjasama, motivasi, dan sikap dengan kinerja bidan dalam pelayanan antenatal baik pada pasien umum maupun pada pasien JKN. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat observasional dengan rancang bangun cross sectional. Variabel bebas adalah kerjasama, motivasi, dan sikap, sedangkan variabel terikat adalah kinerja. Penelitian menggunakan total populasi dengan unit analisis adalah bidan. Uji statistika yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi Spearman. Data diperoleh dari wawancara kepada semua bidan sebanyak 36 orang yang melakukan praktik di Kecamatan Kejayan menggunakan panduan wawancara yang telah diuji validitas dan reabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar bidan telah bekerjasama dengan PPK I (80,6) dan dokter pembina (61,1%). Berdasarkan hasil penelitian tidak ada bidan yang bekerjasama dengan BPJS. Motivasi sebagian besar bidan dalam kerjasama adalah tinggi (83,3%). Hampir semua bidan memiliki sikap positif terhadap kerjasama (94,4%). Kinerja sebagian besar bidan dalam pelayanan antenatal pada pasien peserta JKN adalah sangat tinggi (63,9%). Hampir semua bidan memiliki kinerja dalam pelayanan antenatal pada pasien umum sangat tinggi (91,7%). Terdapat hubungan sedang antara kerjasama (bidan dengan PPK I) dengan kinerja bidan dalam pelayanan antenatal pada pasien umum. Terdapat hubungan sangat lemah antara kerjasama (bidan dengan dokter) dengan kinerja bidan dalam pelayanan antenatal pada pasien JKN dan terdapat hubungan yang lemah antara kerjasama (bidan dengan dokter) dengan kinerja bidan dalam pelayanan antenatal pada pasien umum. Terdapat hubungan yang lemah antara motivasi dengan kinerja bidan dalam pelayanan antenatal pada pasien JKN sedangkan hubungan motivasi dengan kinerja dalam pelayanan antenatal pada pasien umum adalah sedang. Hubungan sikap dengan kinerja dalam pelayanan antenatal pada pasien umum adalah kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 23/15 Dju a
Uncontrolled Keywords: MIDWIVES; MEDICAL CARE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA399 Regulation of medical practice. Evaluation and quality control of medical care. Medical audit
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA411-415 Provisions for personal medical care. Medical care plans
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Achmad DjunawanNIM101011129
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWidodo J. PNIDN9907147599
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 20 Mar 2015 12:00
Last Modified: 10 May 2020 23:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23575
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item