UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN POSYANDU OLEH IBU BALITA MELALUI REKOMENDASI PENINGKATAN CUSTOMER VALUE: Studi Dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Kenjeran Kota Surabaya

NURUL HIDAYATUL MUKAROMAH, 101111036 (2015) UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN POSYANDU OLEH IBU BALITA MELALUI REKOMENDASI PENINGKATAN CUSTOMER VALUE: Studi Dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Kenjeran Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-mukaromahn-37494-5.abstr-t.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cakupan balita ditimbang merupakan indikator partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan posyandu. Selama kurun waktu 3 tahun, cakupan balita ditimbang di wilayah kerja Puskesmas Kenjeran belum mencapai target yang ditetapkan, yaitu sebesar 74,33 persen (target 75% pada tahun 2012), 68,30 persen (target 80% pada tahun 2013), dan 79,9 persen (target 85% pada tahun 2014). Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif. Pendekatan yang digunakan adalah observasional dengan rancang bangun cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan pada 112 responden dengan kuesioner untuk mendapatkan informasi mengenai karakteristik ibu balita, pemanfaatan posyandu, manfaat yang didapatkan, dan pengorbanan yang dikeluarkan di posyandu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat pelayanan masih dirasakan kecil, sedangkan pengorbanan waktu paling dirasakan besar oleh responden. Uji korelasi Spearman pada setiap manfaat yang diterima dan pengorbanan yang dikeluarkan dengan pemanfaatan posyandu juga menunjukkan adanya hubungan signifikan (p sebesar 0,000<α(0,05)), kecuali pada manfaat personil dan pengorbanan moneter. Artinya, semakin besar atau kecil manfaat personil maupun pengorbanan moneter yang dikeluarkan maka tidak lantas memberikan kecenderungan responden untuk semakin rendah atau tinggi dalam pemanfaatan posyandu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah meskipun secara keseluruhan nilai yang dipersepsikan oleh responden (customer value) besar, namun kecilnya manfaat pelayanan yang dirasakan atas pengorbanan waktu yang dikeluarkan masih membuat responden cenderung kurang memanfaatkan posyandu. Oleh karena itu, upaya peningkatan customer value di posyandu wilayah kerja Puskesmas Kenjeran Kota Surabaya perlu dilakukan dengan meningkatkan manfaat yang dinilai masih kecil dan mengurangi besarnya pengorbanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 30/15 Muk u
Uncontrolled Keywords: PUBLIC HEALTH
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NURUL HIDAYATUL MUKAROMAH, 101111036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRatna Dwi Wulandari, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2015 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 01:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23580
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item