PERILAKU KONSUMEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT AL-IRSYAD SURABAYA

DESTYAS NURROHMAH, 100710179 (2011) PERILAKU KONSUMEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT AL-IRSYAD SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-nurrohmahd-20158-kkfkm3-k.pdf

Download (323kB)
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-nurrohmahd-16908-kkfkm3-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan adalah hal yang sangat penting pada sebuah rumah sakit. Pemahaman mengenai perilaku konsumen diperlukan untuk mengambil keputusan dalam usaha peningkatan pemasaran rumah sakit. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui perilaku konsumen Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya sehingga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam upaya pemasaran. Penelitian dilakukan di Instalansi Rawat Inap Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya dengan rancangan crosssectional menggunakan metode kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada 85 pasien rawat inap atau keluarga pasien rawat inap kelas I, II dan III. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang dibagikan kepada responden untuk mengetahui karakteristik responden yakni karakteristik pribadi dan psikologis serta keputusan pembelian pasien meliputi proses pengambilan keputusan, keputusan pembelian sampai pada perilaku pasca pembelian. Hasil dari penelitian ini adalah (1) sebagian besar konsumen melakukan proses pengambilan keputusan yang meliputi identifikasi kebutuhan, pencarian informasi dan evaluasi alternatif, (2) tidak ada beda proses pengambilan keputusan antara keputusan sendiri ataupun keputusan orang lain, (3) perilaku pascabeli konsumen yang baik berasal dari mereka yang puas terhadap produk, people, place, process dan menilai bahwa physical evidence Rumah Sakit Al- Irsyad adalah baik. Perilaku pascabeli responden yang tidak baik berasal dari responden yang tidak puas pada produk, people, serta menilai bahwa physical evidence Rumah Sakit Al-Irsyad tidak baik. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah meningkatkan keloyalan pasien, menambah media promosi dan melakukan survei kepuasan pelanggan secara berkala

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FKM 33 / 11 Nur p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOUR; HOSPITALS � OUTPATIENT SERVICES
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3601-3611 Medical legislation
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DESTYAS NURROHMAH, 100710179UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorWidodo J. Pudjirahardjo,, dr., M.S., M.PH., Dr.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 13 Oct 2011 12:00
Last Modified: 26 Oct 2016 17:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23585
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item