ANALISIS KEMITRAAN BIDAN DESA DALAM PELAYANAN PERSALINAN, NILAI (VALUE) IBU HAMIL TERHADAP PERSALINAN DI BIDAN DESA DAN PENILAIAN IBU HAMIL TERHADAP MUTU PELAYANAN BIDAN DESA (Studi di Kabupaten Sumbawa Propinsi Nusa Tenggara Barat)

ZULKARNAEN, 100331347 (2006) ANALISIS KEMITRAAN BIDAN DESA DALAM PELAYANAN PERSALINAN, NILAI (VALUE) IBU HAMIL TERHADAP PERSALINAN DI BIDAN DESA DAN PENILAIAN IBU HAMIL TERHADAP MUTU PELAYANAN BIDAN DESA (Studi di Kabupaten Sumbawa Propinsi Nusa Tenggara Barat). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-zulkarnaen-2499-kkckkf-k.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-zulkarnaen-2499-fkm106-a.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Secara umum cakupan persalinan oleh tenaga kesehatan di Kabupaten Sumbawa Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) masih di bawah target dan cenderung mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemitraan bidan desa dalam pelayanan persalinan, nilai ibu hamil terhadap persalinan di bidan desa dan penilaian ibu hamil terhadap mutu pelayanan bidan desa. Penelitian ini merupakan penelitian observasional yang bersifat deskriptif, dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2006. Populasi penelitian adalah seluruh bidan desa dan ibu hamil di Kabupaten Sumbawa NTB. Variabel yang diteliti adalah aspek pengetahuan bidan desa tentang konsep kemitraan, bentuk kemitraan yang dijalankan oleh bidan desa, nilai ibu hamil terhadap persalinan di bidan desa dan penilaian ibu hamil tentang mutu pelayanan bidan desa. Metode pengolahan data menggunakan metode distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) 50,88% bidan desa memiliki pengetahuan yang kurang tentang konsep kemitraan, 2) 77.20% kemitraan yang dijalankan bidan desa berbentuk kemitraan sederhana, 3) 82% ibu hamil menyatakan tarif persalinan di bidan desa tergolong mahal, 56% ibu hamil merasa tidak puas dengan Personal Value bidan desa, 54% ibu hamil menyatakan persalinan di bidan desa tidak memberi manfaat bagi mereka, dan 4) 52% ibu hamil merasa puas dengan mutu pelayanan bidan desa dari keseluruhan aspek, tetapi pada aspek Emphaty 54% ibu hamil merasa tidak puas dan pada aspek Responsiveness 52% ibu hamil merasa tidak puas. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa pengetahuan bidan desa tentang kemitraan masih rendah, bentuk kemitraan yang dijalankan oleh sebagian besar bidan desa adalah kemitraan sederhana, nilai ibu hamil terhadap persalinan di bidan desa masih rendah, sementara sebagian besar ibu hamil menyatakan puas dengan mutu pelayanan bidan desa, kecuali pada aspek Emphaty dan Responsiveness sebagian besar ibu hamil merasa tidak puas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 106/06 Zul a
Uncontrolled Keywords: MIDWIVES
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ZULKARNAEN, 100331347UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDjazuly Chalidyanto, S.KM., M.ARSUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 10 Oct 2006 12:00
Last Modified: 03 Jul 2017 16:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23599
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item