ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN HARAPAN PASIEN DALAM UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN RAWAT INAP PUSKESMAS (Studi di Rawat Inap Puskesmas Sentolo I Kabupaten Kulon Progo)

WAHYUNI ASTUTI, 100431342 (2006) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN HARAPAN PASIEN DALAM UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN RAWAT INAP PUSKESMAS (Studi di Rawat Inap Puskesmas Sentolo I Kabupaten Kulon Progo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-astutiwahy-2546-kkckkf-k.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-astutiwahy-2546-fkm108-a.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) mempunyai peran besar dalam upaya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pelayanan yang diberikan harus dapat memenuhi harapan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Produk jasa pelayanan kesehatan berkaitan erat antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien selama menjalani perawatan. Kepuasan pasien akan pelayanan kesehatan dapat terpenuhi jika Puskesmas mau memahami harapan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan dan harapan pasien terhadap kualitas produk, proses pelayanan dan pelayanan pasca perawatan dalam upaya peningkatan pemanfaatan rawat inap di Puskesmas Sentolo I. Penelitian ini merupakan penelitian observasional yang bersifat deskriptif. Sampel dalam penelitian adalah pasien yang kontrol setelah menjalani rawat inap di Puskesmas Sentolo I sejumlah 70 responden selama Bulan Juni 2006 yang diambil secara purposive sampling untuk memperoleh data kepuasan dan harapan terhadap kualitas pelayanan yang meliputi produk, proses pelayanan dan pelayanan pasca perawatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan responden puas terhadap kualitas produk, proses pelayanan dan pelayanan pasca perawatan. Harapan responden terhadap kualitas produk, proses pelayanan dan pelayanan pasca perawatan diidentifikasi untuk dicarikan upaya pemenuhannya. Upaya yang dapat dilakukan Puskesmas untuk meningkatkan pemanfaatan pelayanan rawat inap adalah peningkatan kebersihan, pemeliharaan sarana, pemberian penjelasan tindakan oleh petugas, penataan job description petugas, pendidikan dan pelatihan petugas serta pengadaan blangko penjelasan sebelum pasien pulang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 108/06 Ast a
Uncontrolled Keywords: PATIENT SATISFACTION
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
WAHYUNI ASTUTI, 100431342UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjazuly Chalidyanto, S.KM., M.ARSUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 12 Oct 2006 12:00
Last Modified: 03 Jul 2017 16:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23604
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item