STUDI PEMANFAATAN RUMAH SAKIT UMUM Dr. SOEDONO MADIUN BERDASARKAN PERSEPSI MASYRAKAT TERHADAP BRAND EQUITY RUMAH SAKIT

Riyas Ayu Ismayanti, 100311103 (2007) STUDI PEMANFAATAN RUMAH SAKIT UMUM Dr. SOEDONO MADIUN BERDASARKAN PERSEPSI MASYRAKAT TERHADAP BRAND EQUITY RUMAH SAKIT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-ismayantir-7206-fkm860-k.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-ismayantir-7203-fkm860-s.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian mengenai brand suatu produk, dalam hal ini rumah sakit di lakukan untuk mengetahui sejauh mana masyarakat yang tersebar dalam daerah jangkauan efektif RSU Dr.Soedono Madiun mengetahui keberadaan RSU Dr.Soedono Madiun. Hasil studi pendahuluan menyatakan bahwa ada beberapa BOR ruang rawat inap rumah sakit belum mencapai standar dari Depkes, di lain pihak BOR ruang rawat inap yang lain telah melebihi standar yang ditetapkan rumah sakit. Hal tersebut membuktikan bahwa pemanfaatan rumah sakit terutama rawat inap belum merata. Penelitian ini termasuk penelitian observasional dan jika ditinjau dari waktu pelaksanaan penelitian termasuk penelitian cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal dalam radius 3 km dari rumah sakit dan sampel ditentukan berdasarkan responden yang dianggap mengambil keputusan dalam rumah tangga tersebut. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan rumus populasi finit. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk deskriptif . Hasilnya menunjukkan sebagian besar Brand Awareness responden adalah termasuk dalam golongan top of mine, yang terbagi untuk responden yang sudah pernah menggunakan dan responden yang tidak pernah menggunakan pelayanan di RS tersebut. Sedangkan perceived quality yang dirasakan menurut persepsi responden yang menggunakan dan yang tidak menggunakan adalah sebagian besar menilai baik. Dan pada brand association ditemukan 7 asosiasi yang membentuk rumah sakit. Pada brand loyalty dapat diketahui dari responden yang telah menggunakan pelayanan. Hasilnya adalah tidak ada responden yang benar-benar commited terhadap pelayanan RSU Dr.Soedono, karena hanya 1 responden yang mengaku menggunakan rumah sakit bukan karena harga yang murah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ternyata loyalitas responden terhadap rumah sakit tergolong rendah. Tetapi awareness dan perceived quality terhadap adanya rumah sakit tersebut adalah baik. Oleh karena itu, sebaiknya, rumah sakit selalu waspada dengan perkembangan dari rumah sakit dan masyarakat. Contohnya, apabila suatu scat terjadi perubahan harga, maka ada kemungkinan besar masyarakat menggunakan pelayanan di rumah sakit lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 86/07 Ism s
Uncontrolled Keywords: HOSPITAL CARE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
Riyas Ayu Ismayanti, 100311103UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRatna Dwi Wulandari, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 03 Jun 2008 12:00
Last Modified: 03 Jul 2017 19:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23615
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item