HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG TANDA-TANDA PERSALINAN DENGAN SIKAP DAN TINDAKAN PERSIAPAN PERSALINAN

Dian Anggraeni, 100911379 (2011) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG TANDA-TANDA PERSALINAN DENGAN SIKAP DAN TINDAKAN PERSIAPAN PERSALINAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-anggraenid-23161-fkm-292--k.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini jumlah kematian ibu masih tinggi. Ketidaksiapan ibu dalam menghadapi persalinan dianggap sebagai salah satu penyebab utama. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan, sikap dan tindakan ibu hamil tentang persalinan. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan cross sectional. Kuesioner diberikan kepada 79 ibu hamil primigravida dengan usia kehamilan 28-40 minggu. Teknik pengambilan sampel dengan mengunakan simple random sampling. Kuesioner diberikan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang beberapa variabel yang diteliti. Variabel yang diteliti adalah karakteristik responden (umur, tingkat pendidikan, pekerjaan), pengetahuan tentang tanda-tanda persalinan, sikap dan tindakan tentang persiapan persalinan. Responden memiliki tingkat pengetahuan tentang tanda-tanda persalinan baik, sikap dan tindakan tentang persiapan persalinan juga baik. Hal ini berdasarkan dari nilai Fisher’s Exact Test 9,077 dengan nilai signifikan 0,004 dan juga berdasarkan dari uji Fisher’s Exact Test diperoleh nilai signifikan 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan sikap dan ada hubungan antara sikap dengan tindakan. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang tanda-tanda persalinan dengan sikap persiapan persalinan dan ada hubungan antara sikap dengan tindakan persiapan persalinan. Untuk Bidan Praktek Swasta diharapkan untuk lebih meningkatkan upaya penyuluhan tentang gambaran lebih rinci dari tanda-tanda persalinan. Dengan adanya peningkatan penyuluhan maka diharapkan pula ada peningkatan tingkat pengetahuan responden tentang gambaran lebih rinci dari tanda-tanda persalinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 292/11 Ang h
Uncontrolled Keywords: INFANTS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Dian Anggraeni, 100911379UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMahmudah, Ir., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2012 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 04:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23631
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item