ANALISIS CUSTOMER VALUE BERDASARKAN KARAKTERISTIK PELANGGAN DI BALAI PENGOBATAN GIGI PUSKESMAS JEMURSARI SURABAYA

Putri Ayuni Alayyannur, 100810026 (2012) ANALISIS CUSTOMER VALUE BERDASARKAN KARAKTERISTIK PELANGGAN DI BALAI PENGOBATAN GIGI PUSKESMAS JEMURSARI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-alayyannur-21025-6.abstr-k.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini perusahaan penghasil produk atau jasa di bidang kesehatan mengalami tingkat persaingan sangat ketat, salah satunya adalah Puskesmas. Konsumen akan memilih penawaran yang memberikan nilai tertinggi dengan biaya yang rendah. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis nilai pelanggan di balai pengobatan gigi Puskesmas Jemursari berdasarkan karakteristik pelanggan meliputi pendapatan, status kunjungan, status bayar, dan jenis pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk merepresentasikan suatu gambar dari rincian spesifik suatu situasi dengan tanpa maksud untuk membuat kesimpulan generalisasi. Penelitian ini menggunakan metode observasional dengan rancang bangun cross sectional. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada pasien di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Jemursari yang disebarkan pada 75 pasien di BPG. Hasil penelitian menunjukkan manfaat yang kurang dirasakan oleh responden yaitu manfaat produk intangible sedangkan manfaat yang paling dirasakan oleh responden yaitu manfaat produk tangible dan manfaat kualitas. Pengorbanan yang paling besar dikeluarkan oleh responden yaitu pengorbanan psikologis meliputi kekhawatiran dan ketakutan responden sedangkan pengorbanan yang paling kecil dikeluarkan oleh responden yaitu pengorbanan waktu. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini yaitu terdapat 13 responden yang mempunyai nilai pelanggan kurang dari 1,00 yang berarti 13 responden masih merasa dirugikan. Mayoritas responden tersebut merupakan responden dengan karakteristik pendapatan > Rp 3.000.000,00, kunjungan baru, bayar dan mendapat pelayanan cabut. Sehingga perlu dilakukan upaya untuk menambah manfaat yang dirasakan pelanggan dan meminimalisasi pengorbanan yang dikeluarkan pelanggan terutama pelanggan dengan karakteristik tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 45 / 12 Ala a
Uncontrolled Keywords: CONSUMER SATISFACTION; DENTAL PUBLIC HEALTH
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
Putri Ayuni Alayyannur, 100810026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWidodo J. P., dr., M.S., M.PH., Dr.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2012 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 02:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23637
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item