PENGARUH OLAHRAGA TERHADAP PENGURANGAN KELUHAN DISMINOREA DI STIKES DIAN HUSADA MOJOKERTO

Siti Muthoharoh, 101011296 (2012) PENGARUH OLAHRAGA TERHADAP PENGURANGAN KELUHAN DISMINOREA DI STIKES DIAN HUSADA MOJOKERTO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-muthoharoh-21027-5.abstr-.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Disminorea merupakan nyeri yang dialami remaja saat menstruasi. Disominorea disebabkan karena ketidakseimbangan hormone progesterone dalam darah, prostaglandin dan factor stress / psikologi mengakibatkan terjadinya disminorea pada beberapa wanita. Nyeri haid sering dialami oleh sebagian besar wanita. Untuk mengatasi hal tersebut sebagian wanita menggunakan obat yang berfungsi secara kuratif. Dalam penelitian ini akan memberikan alternative yang sederhana dan udah dilakukan dan bersifat preventif yaitu dengan olahraga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh olahraga terhadap pengurangan keluhan disminorea di Stikes Dian Husada Mojokerto. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, jumlah sample yang diambil adalah 19 untuk kelompok kasus dan 19 untuk kelompok control. Variabel independen dalam penelitian ini adalah olahraga dan variabel dependen adalah keluhan disminorea. Penelitian ini diambil memberikan kuesioner dan ditabulasi kemudian dimasukkan dalam tabel distribusi frekuensi. Analisa hasil penelitian menggunakan Uji T-test yaitu independent T-test, karena berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan nilai t-hitung adalah 0,000 yang nilainya lebih kecil dari taraf kesalahan yaitu 0.05 atau dengan signifikansi 95% artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diputuskan bahwa hipotesis penelitian pengaruh olahraga terhadap pengurangan keluhan disminorea dapat diterima. Penelitian selanjutnya disarankan untuk lebih meningkatkan pemantauan dan penetapan waktu pelaksanaan secara pasti dalam melakukan olahraga sehingga senam disminorea benar-benar dilakukan secara rutin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 46 - 12 Mut p
Uncontrolled Keywords: EXERCISE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Siti Muthoharoh, 101011296UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorOedojo Soedirham, dr., M.PH., M.A., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2012 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 03:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23641
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item