ANALISIS DESAIN STASIUN KERJA DENGAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL DISORDERS PADA PROSES PENCETAKAN DAN PENGEMASAN (Studi di Sentra Industri Krupuk Trasi Desa Ketawang, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun)

ARGA JUNDA ADMAJA, 100810038 (2012) ANALISIS DESAIN STASIUN KERJA DENGAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL DISORDERS PADA PROSES PENCETAKAN DAN PENGEMASAN (Studi di Sentra Industri Krupuk Trasi Desa Ketawang, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
12.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesesuaian antara antropometri dengan stasiun kerja dapat mempengaruhi kenyamanan dan produktivitas tenaga kerja. Stasiun kerja yang tidak sesuai dengan antropometri dapat menyebabkan keluhan Muskuloskeletal Disorders. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesesuaian antara antropometri tenaga kerja dengan stasiun kerja serta mendesain ulang stasiun kerja yang sesuai dengan prinsip ergonomi. Penelitian ini merupakan penelitian observasional yang bersifat deskriptif dengan rancangan cross sectional. Wawancara dilaksanakan pada 24 tenaga kerja pada bagian pencetakan dan pengemasan. Responden adalah seluruh populasi tenaga kerja perempuan yang bekerja pada bagian pencetakan dan pengemasan di Sentra industri kerupuk trasi Desa Ketawang. Variabel yang diteliti adalah kesesuaian antropometri dengan stasiun kerja, sikap kerja dan keluhan Muskuloskeletal Disorders. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh responden mengalami keluhan Muskuloskeletal Disorders setelah bekerja, dengan didominasi oleh kelompok usia 31 - 40 tahun yang berpendidikan SD, dan lama bekerja selama 11-20 tahun. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah stasiun kerja di bagian pencetakan dan pengemasan tidak ergonomis, sehingga dapat menyebabkan keluhan Muskuloskeletal Disorders. Saran yang diberikan yaitu pemilik rumah produksi diharapkan dapat menerapkan dan mengubah desain stasiun kerja, serta pemberian pendidikan dan pemberdayaan kepada tenaga kerja dan pemilik rumah produksi mengenai pencegahan dan mengobati keluhan Muskuloskeletal Disorders dengan memperhatikan sikap kerja dari tenaga kerja dan stasiun kerja yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 114 - 12 Adm a
Uncontrolled Keywords: WORKSTATION; MUSCULOSKELETAL DISORDERS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ARGA JUNDA ADMAJA, 100810038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMulyono, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2012 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 08:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23647
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item