PENGARUH KEIKUTSERTAAN SENAM HAMIL TERHADAP KECEMASAN PRIMIGRAVIDA TRIMESTER KETIGA DALAM MENGHADAPI PERSALINAN

INKA PUTY LARASATI, 101011385 (2012) PENGARUH KEIKUTSERTAAN SENAM HAMIL TERHADAP KECEMASAN PRIMIGRAVIDA TRIMESTER KETIGA DALAM MENGHADAPI PERSALINAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-larasatiin-21056-6.abstr-k.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ibu hamil mengalami perubahan fisik dan psikis yang terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon progesteron dan estrogen yaitu hormon kewanitaan yang ada di dalam tubuh ibu sejak terjadinya proses kehamilan. Semua perubahan fisik yang terjadi pada ibu hamil mengakibatkan terjadinya perubahan psikis. Kecemasan merupakan salah satu gangguan emosional yang sering ditemui pada ibu hamil, terutama pada ibu hamil pertama. Senam hamil merupakan salah satu alternatif cara yang dapat membantu ibu hamil untuk mengatasi kecemasannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam hamil terhadap kecemasan primigravida dalam menghadapi persalinan di Puskesmas Jagir Kecamatan Wonokromo Surabaya. Jenis penelitian dengan observasional analitik. Berdasarkan waktu penelitian adalah cross sectional. Sampel penelitian adalah ibu hamil pertama yang mengikuti senam hamil di Puskesmas Jagir Kecamatan Wonokromo Surabaya. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Variabel independen adalah keikutsertaan senam hamil dan variabel dependennya adalah kecemasan primigravida. Pengumpulan data dilakukan secara observasi dan wawancara dengan kuesioner yang menggunakan skala HRSA yang diolah menggunakan tabulasi silang dengan uji korelasi Spearman. Hasil perhitungan menggunakan uji korelasi Spearman, diperoleh p = 0,000 dengan koefisien korelasi - 0,704 artinya ada korelasi yang kuat antara keikutsertaan senam hamil dengan kecemasan primigravida dalam menghadapi persalinan. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah semakin sering mengikuti senam hamil, tingkat kecemasan akan menurun. Keikutsertaan senam hamil memiliki korelasi yang cukup kuat dengan kecemasan dalam menghadapi persalinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 115 / 12 Lar p
Uncontrolled Keywords: PREGNANT EXERCISE; PREGNANCY
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
INKA PUTY LARASATI, 101011385UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArief Wibowo,, Dr., dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2012 12:00
Last Modified: 22 Sep 2016 02:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23648
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item