KUALITAS KESEHATAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN DAN KELUHAN KESEHATAN WARGA DI SEKITAR SEMBURAN LUMPUR SIDOARJO (Studi Desa Besuki Timur Tol, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo)

HARYO DEWA BRATA, 100710263 (2012) KUALITAS KESEHATAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN DAN KELUHAN KESEHATAN WARGA DI SEKITAR SEMBURAN LUMPUR SIDOARJO (Studi Desa Besuki Timur Tol, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-brataharyo-21094-6.abstr-k.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

esa Besuki Timur Tol mendapat namanya karena berada di sebelah timur jalan tol Porong. Penduduk di Desa Besuki Kecamatan Jabon berada di lokasi yang terletak bersebelahan dengan tanggul lumpur Sidoarjo sehingga wilayah ini sangat rentan terkena berbagai polusi yang berasal dari semburan lumpur tersebut. Selain akibat polusi berbagai sarana penunjang yang harusnya dimiliki oleh suatu permukiman kurang tersedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari kualitas kesehatan lingkungan permukiman warga yang berada di sekitar tanggul semburan lumpur Sidoarjo dan keluhan kesehatan yang dialami oleh warga yang berada pada daerah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat observasional, lokasi penelitian dilakukan di Desa Besuki Timur Tol, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 31 Januari 2012 – Juni 2012. Populasi penelitian ini adalah warga yang memenuhi kriteria inklusi, sampel penelitian adalah 25 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas kesehatan lingkungan di Desa Besuki Timur Tol yang meliputi kualitas udara, kualitas air, keberadaan vektor, dan lain sebagainya belum memenuhi baku mutu berdasarkan peraturan yang berlaku. Beberapa parameter kualitas udara seperti debu, HC, dan kebisingan menunjukkan angka yang melebihi baku mutu, selain itu parameter yang digunakan untuk mengukur kualitas air tanah (TDS, kesadahan, parameter kekeruhan, besi, khlorida, dan mangan) juga menunjukkan kadar yang tidak layak untuk di konsumsi. Keluhan kesehatan pada warga yang paling banyak muncul adalah gangguan bau, hal ini berkaitan dengan keluaran semburan lumpur Sidoarjo yang hinga saat ini masih aktif. Disimpulkan bahwa kondisi lingkungan Desa Besuki kurang memenuhi syarat untuk digunakan sebagai tempat permukiman penduduk dikarenakan masih minimnya sarana untuk mendukung terciptanya lingkungan yang sehat dan kondisi wilayah yang tergolong rawan bencana. Hendaknya pemerintah segera melakukan realisasi proses relokasi penduduk, atau untuk mencegah agar masalah lingkungan tidak semakin bertambah parah maka pemerintah hendaknya memberikan bantuan berupa kebutuhan permukiman khususnya air bersih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 121 - 12 Bra k
Uncontrolled Keywords: ENVIRONMENTAL HEALTH
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
HARYO DEWA BRATA, 100710263UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSudarmaji, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2012 12:00
Last Modified: 22 Sep 2016 08:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23656
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item