ANALISIS KEPUASAN BERDASARKAN PERSEPSI DAN HARAPAN PASIEN DI PUSKESMAS MEDOKAN AYU SURABAYA

Eka Fitri Timika Yunevy, 100810051 (2012) ANALISIS KEPUASAN BERDASARKAN PERSEPSI DAN HARAPAN PASIEN DI PUSKESMAS MEDOKAN AYU SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-yunevyekaf-21102-6.abstr-k.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepuasan pasien adalah suatu keadaan dimana kebutuhan, keinginan dan harapan pasien dapat dipenuhi melalui produk atau jasa yang dikonsumsi. Puskesmas Medokan Ayu yang termasuk puskesmas ISO 9001:2008 mempunyai misi dapat tercapainya 100% pasien puas terhadap pelayanan puskesmas. Tetapi masih ada angka ketidakpuasan dalam bentuk koin ketidakpuasan paling tinggi sebesar 13,38%. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis gap antara persepsi dan harapan serta menghitung tingkat kepuasan menggunakan CSIndex di Puskesmas Medokan Ayu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross sectional. Penelitian dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Medokan Ayu Surabaya dengan mengambil sampel sebanyak 150 orang berdasarkan perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) menurut KEP/25/M.Pan/2/2004. Gap persepsi dan harapan menunjukkan bahwa penelitian sudah mendekati harapan pasien. Hal tersebut ditunjukkan dengan persepsi sebagian besar pasien termasuk dalam kategori baik, hanya unsur kecepatan pelayanan masih dalam kategori cukup, sedangkan seluruh pasien memiliki harapan yang tinggi terhadap unsur pelayanan di Puskesmas tersebut. Secara keseluruhan pasien puas terhadap unsur pelayanan, namun masih terdapat beberapa unsur yang tergolong cukup puas meliputi: kejelasan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, kesopanan dan keramahan pelayanan, serta kepastian biaya pelayanan Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pasien terhadap unsur pelayanan sudah mendekati harapan, dan pasien sudah puas terhadap unsur pelayanan di Puskesmas Medokan Ayu. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini berupa peningkatan kecepatan pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 125 / 12 Yun a
Uncontrolled Keywords: ASSESSMENT; GAP ANALYZE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Eka Fitri Timika Yunevy, 100810051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSetya Haksama, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2012 12:00
Last Modified: 23 Sep 2016 03:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23664
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item