Good Manufacturing Practices (GMP) Depot Air Minum di Kota Surabaya

Galih Kumala Sari, 100710020 (2012) Good Manufacturing Practices (GMP) Depot Air Minum di Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-sarigalihk-21378-6.abstr-k.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
11.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jumlah depot air minum di Kota Surabaya terus meningkat dari tahun ke tahun. Harga yang lebih murah daripada air minum dalam kemasan yang jadi sebab utama masyarakat lebih memilih untuk mengkonsumsi air hasil produksi depot. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi praktek Good Manufacturing Practice (GMP) pada depot air minum di Kota Surabaya. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan cross sectional dengan cara observasi. Populasinya adalah semua depot air minum yang ada di Surabaya. Sampel depot air minum diambil menurut kategori depot air minum terdaftar dan tidak terdaftar masing-masing 1 (satu) depot. Totalnya ada 2 (dua) sampel depot dan 2 (dua) sampel karyawan. Untuk responden konsumen air minum dari depot digunakan teori snowball. Variabel penelitian adalah depot air minum, karyawan, dan konsumennya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa depot air minum yang terdaftar memperoleh total 72,95% dan yang tidak terdaftar memperoleh nilai 67,5%. Hasil observasi menunjukkan bahwa kedua depot tidak memenuhi syarat pada variabel pemeliharaan sarana produksi dan program sanitasi. Tapi untuk variabel bahan baku, mesin dan peralatan serta higiene dan sanitasi karyawan, hanya depot yang tidak terdaftar saja yang tidak memenuhi syarat. Sedangkan untuk produk air minum, hanya depot yang terdaftar saja yang tidak memenuhi syarat. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah depot air minum di Kota Surabaya baik yang terdaftar maupun tidak terdaftar telah memenuhi syarat-syarat Good Manufacturing Practice (GMP). Dinas Kesehatan sebaiknya mengadakan pemeriksaan Good Manufacturing Practice (GMP) secara lengkap pada sebuah depot air minum sebelum memberi ijin depot tersebut untuk beroperasi dan dilakukan secara rutin selama depot beroperasi untuk menjaga kualitas air minum agar aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 23 - 12 Sar g
Uncontrolled Keywords: WATER AND GOOD MANUFACTURING PRACTICE (GMP)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Galih Kumala Sari, 100710020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorCorie Indria Prasasti,, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2012 12:00
Last Modified: 29 Jan 2019 08:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23669
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item