HUBUNGAN ANTARA UMUR, STATUS PERKAWINAN, DAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA (Studi pada Perajin Sepatu Bagian Jahitan di Kecamatan Tanggulangin)

Gradea Nuzul Ramadhan, 100810030 (2012) HUBUNGAN ANTARA UMUR, STATUS PERKAWINAN, DAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA (Studi pada Perajin Sepatu Bagian Jahitan di Kecamatan Tanggulangin). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Produktivitas adalah perbandingan antara keluaran (apa yang diproduksi)dengan masukan (apa yang dikonsumsi). Pada umunya, pekerja sektor informal memiliki produktivitas lebih rendah daripada sektor formal, namun proporsipekerja sektor informal lebih tinggi. Terdapat faktor internal dan faktor eksternal yang mungkin penting berhubungan dengan produktivitas kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan karakteristik individu (umur, status perkawinan, dan tipe kepribadian) dengan produktivitas kerja perajin sepatu bagian jahitan. Desain penelitian ini observasional dengan pendekatan cross sectional.Responden dipilih secara acak (simple random sampling). Spearman dan Pearson Chi-Square digunakan untuk menentukan hubungan antara umur, status perkawinan dan tipe kepribadian dengan produktivitas kerja Pengambilan data dilakukan dengan bantuan wawancara, observasi, dan pengukuran. Data yang didapatkan dianalisa secara anlitik menggunakan bantuan program komputer.Wawancara dan pengukuran dilakukan pada 63 pekerja. Hasilnya adalah paling banyak responden berumur 35-39 tahun (20,6%)dan 40-44 tahun (20,6%), sudah kawin (87,3%), dan memiliki kepribadian tipe B (50,8%). Spearman menunjukkan bahwa ada hubugan antara umur dengan produktivitas kerja. Pearson Chi-Square menunjukkan bahwa ada hubungan antara tipe kepribadian dengan produktivitas kerja, tapi tidak ada hubungan antara status perkawinan dengan produktivitas kerja. Ada hubungan signifikan antara umur (p=0,019) dan tipe kepribadian(p=0,008) dengan produktivitas kerja, sedangkan status perkawinan tidak ada hubungan dengan produktivitas kerja. Disarankan kepada pemilik dari industri rumahan untuk melakukan pelatihan kepada semua pekerja dengan hadiah dan hukuman kepada pekerja untuk meningkatkan kemampuan dan motivasi juga untuk mematuhi peraturan di tempat kerja sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 54 / 12 Ram h
Uncontrolled Keywords: INDUSTRIAL PRODUCTIVITY
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Gradea Nuzul Ramadhan, 100810030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorM. Sulaksmono,, dr., M.S., MPH., Sp.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 28 Nov 2012 12:00
Last Modified: 22 Sep 2016 02:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23719
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item