UPAYA ODHA DALAM PENCEGAHAN PENULARAN HIV DAN AIDS TERHADAP PASANGAN

Rizca Afrissahayu, 100810413 (2012) UPAYA ODHA DALAM PENCEGAHAN PENULARAN HIV DAN AIDS TERHADAP PASANGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2012-afrissahay-21483-6.abstr-k.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

HIV dan AIDS telah menjadi masalah internasional yang mengkhawatirkan, karena penyakit ini dalam waktu yang singkat prevalensi meningkat dan menyebar di banyak negara. Salah satu penyebab kenaikan jumlah ODHA adalah karena tertular dari pasangan. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan upaya pencegahan yang telah dilakukan ODHA agar HIV dan AIDS tidak menular kepada pasangan. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan cross sectional dengan pendekatan kualitatif. Wawancara dilaksanakan pada 8 informan yang bertatus sebagai ODHA. Pemilihan informan dengan menggunakan metode Snow ball. Wawancara mendalam dilakukan untuk mendapat informasi yang lebih mendalam tentang variabel-variabel yang diteliti. Wawancara dilakukan terhadap 8 ODHA termasuk 1 pendamping, dengan alat bantu pedoman wawancara dan tape recorder. Cara pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan metode Snowball Sampling dan beberapa kriteria inklusi. Kemudian data tersebut dianalisi dengan menggunakan metode Analisis Isi. Menurut hasil penelitian diperoleh bahwa pengetahuan ODHA terhadap HIV dan AIDS cukup tinggi terutama pengetahuan tentang perilaku pencegahan penularan HIV dan aids terhadap pasangan. Terdapat hubungan antara lingkungan sosial seperti teman sejawat dan komunitas yang diikuti terhadap tindakan pencegahan penularan HIV dan AIDS yang dilakukan oleh ODHA. ODHA juga menunjukkan sikap setuju terhadap perilaku pencegahan penularan HIV dan AIDS, salah satunya dengan menggunakan kondom pada saat melakukan hubungan seks yang berisiko Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya pencegahan utama yang dilakukan adalah dengan menggunakan kondom ketika melakukan hubungan seksual berisiko. Meskipun masih ditemukan ODHA yang tidak selalu menggunakan kondom dengan berbagai alasan. Dari hasil ini diharapkan adanya peran serta pasangan ODHA dan kelompok dukungan sebaya bagi pasangan ODHA agar dapat memotivasi pasangan ODHA. Dengan demikian, pasangan ODHA dapat mendukung upaya pencegahan yang dilakukan oleh ODHA pasangan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 103 - 12 Afr u
Uncontrolled Keywords: HIV INFECTIONS; AIDS (DISEASES)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Epidemiologi
Creators:
CreatorsNIM
Rizca Afrissahayu, 100810413UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrijono Satyabakti, i,dr., M.S., M.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 28 Nov 2012 12:00
Last Modified: 15 Sep 2016 01:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23724
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item