HUBUNGAN PERILAKU MENGENAI VAGINAL HYGIENE DENGAN KEJADIAN KEPUTIHAN PATOLOGIS PADA WANITA (STUDI DI YAYASAN KANKER WISNUWARDHANA SURABAYA)

Hinggil Karunia Saputri, 100810455 (2012) HUBUNGAN PERILAKU MENGENAI VAGINAL HYGIENE DENGAN KEJADIAN KEPUTIHAN PATOLOGIS PADA WANITA (STUDI DI YAYASAN KANKER WISNUWARDHANA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Wanita usia subur merupakan kelompok risiko tinggi dalam mengalami keputihan, baik fisiologis ataupun patologis. Keputihan patologis merupakan keputihan yang tidak normal karena infeksi vagina, yang berupa lendir keluar berlebihan berwarna putih atau kekuningan disertai bau, gatal dan nyeri saat berhubungan seksual. Perilaku vaginal hygiene merupakan upaya tindakan dalam mempertahankan atau memperbaiki kesehatan dengan memelihara kebersihan vagina. Jika seorang wanita menjaga dan melaksanakan vaginal hygiene terutama saat keputihan, maka diharapkan kejadian infeksi alat reproduksi terhadap wanita dapat diminimalkan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan antara perilaku vaginal hygiene yang meliputi pengetahuan, sikap, dan tindakan dengan kejadian keputihan patologis. Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional. Pengambilan data primer dilakukan dengan cara melakukan wawancara dengan kuesioner pada 72 responden yang didapat berdasarkan pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling. Variabel bebas penelitian adalah pengetahuan, sikap, dan tindakan mengenai vaginal hygiene. Sedangkan variabel terikat penelitian adalah kejadian keputihan patologis. Data dianalisis secara analitik dengan menggunakan uji Chi-square dengan α=0,05. Angka kejadian keputihan patologis adalah 67,6% dari semua reponden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan dan sikap terhadap kejadian keputihan patologis (p>0,05). Dengan uji Chi-square terdapat hubungan yang signifikan antara tindakan mengenai vaginal hygiene dengan kejadian keputihan patologis (p=0,014<0,05; RR=0,44). Perlu adanya upaya peningkatan perilaku dalam menjaga vaginal hygiene khususnya vagina yaitu dengan melakukan kebiasaan menjaga vaginal hygiene dengan benar sehingga kejadian keputihan patologis pada wanita usia subur dapat berkurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 91 - 12 Sap h
Uncontrolled Keywords: VAGINAL HYGIENE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA638 Immunity and immunization in relation to public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Epidemiologi
Creators:
CreatorsNIM
Hinggil Karunia Saputri, 100810455UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorChatarina U.W.,, Prof. Dr. dr., M.S., M.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 30 Nov 2012 12:00
Last Modified: 23 Sep 2016 08:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23736
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item