HUBUNGAN KARAKTERISTIK, PENGETAHUAN, DAN ANGGAPAN (PERCEIVED) WANITA USIA SUBUR DENGAN PERILAKU MEMERIKSAKAN PAYUDARA SEJAK DINI (Studi di Pusat Deteksi Dini dan Diagnostik Kanker Surabaya Tahun 2014)

AIDA RAHMATARI, 101011250 (2014) HUBUNGAN KARAKTERISTIK, PENGETAHUAN, DAN ANGGAPAN (PERCEIVED) WANITA USIA SUBUR DENGAN PERILAKU MEMERIKSAKAN PAYUDARA SEJAK DINI (Studi di Pusat Deteksi Dini dan Diagnostik Kanker Surabaya Tahun 2014). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kanker payudara masih menjadi masalah di Indonesia, karena 68,6% pasien berobat ke dokter pada stadium lanjut, sedangkan yang berobat pada stadium dini hanya 22,4%. Salah satu upaya pencegahan kanker payudara adalah melakukan deteksi dini dengan pemeriksaan payudara. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan karakteristik, pengetahuan, dan anggapan (perceived) wanita usia subur dengan perilaku memeriksakan payudara sejak dini di Pusat Deteksi Dini dan Diagnostik Kanker (PD3K) Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik. Menggunakan desain kasus kontrol. Sampel ditarik dari populasi dengan cara simple random sampling. Jumlah sampel penelitian sebesar 24 kasus dan 24 kontrol. Variabel bebas penelitian adalah pendidikan, pekerjaan, tingkat ekonomi, pengetahuan, anggapan (perceived) ancaman, anggapan (perceived) manfaat, anggapan (perceived) hambatan. Variabel terikat penelitian adalah perilaku memeriksakan payudara sejak dini. Hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan distribusi sebagian besar responden adalah pendidikan tinggi (54,2%), bekerja (79,2%), tingkat ekonomi rendah (52,1%). Hasil tabulasi silang diketahui bahwa variabel yang berhubungan dengan perilaku memeriksakan payudara sejak dini adalah pendidikan (p= 0,043), tingkat ekonomi (p= 0,021), anggapan (perceived) ancaman (p= 0,013), dan anggapan (perceived) hambatan (p= 0,021). Variabel yang tidak berhubungan dengan perilaku memeriksakan payudara sejak dini adalah pekerjaan (p= 0,772), pengetahuan (p= 0,137), dan anggapan (perceived) manfaat (p= 0,348). Kesimpulan dari hasil penelitian adalah pendidikan, tingkat ekonomi, anggapan (perceived) ancaman, dan anggapan (perceived) hambatan pada wanita usia subur secara signifikan berhubungan dengan perilaku memeriksakan payudara sejak dini. Disarankan bagi wanita untuk dapat menjadi penyelamat bagi diri sendiri dan memotivasi para wanita di lingkungan sekitar untuk melakukan deteksi dini terhadap penyakit kanker payudara dengan memeriksakan payudara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC. KK. FKM. 50-14 Rah h
Uncontrolled Keywords: BREAST CANCER
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
AIDA RAHMATARI, 101011250UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM. Atoillah Isfandiari,, dr., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 15 Sep 2014 12:00
Last Modified: 10 Aug 2016 05:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23765
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item