FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN APD PADA PEKERJA KONSTRUKSI (Studi Pada Pekerja Kerangka Bangunan Proyek Hotel Mercure Grand Mirama Extention di PT Jagat Konstruksi Abdipersada)

IKA ANJARI DOY SAPUTRI, 101211123057 (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN APD PADA PEKERJA KONSTRUKSI (Studi Pada Pekerja Kerangka Bangunan Proyek Hotel Mercure Grand Mirama Extention di PT Jagat Konstruksi Abdipersada). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pekerja kerangka bangunan memiliki potensi bahaya yang tinggi dan beresiko mengalami kecelakaan kerja. Pemakaian alat pelindung diri (APD) merupakan upaya pencegahan kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari faktor yang berhubungan dengan kepatuhan penggunaan APD pada pekerja kerangka bangunan di PT. Jagat Konstruksi Abdipersada. Penelitian ini bersifat observasional, analitik, dan cross-sectional. Jumlah sampel adalah 32 orang dengan pengambilan sampel secara acak. Variabel yang diteliti adalah karakteristik pekerja (usia, tingkat pendidikan, dan masa kerja), faktor presdisposisi (pengetahuan dan sikap pekerja), faktor pendukung (penggadaan dan ketersediaan APD), dan faktor pendorong (dorongan petugas K3 dan dorongan rekan kerja). Uji statistik yang digunakan adalah uji korelasi spearman dan fisher exact dengan alpha 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden rata-rata berusia 36 tahun dengan pendidikan terbanyak SMP dan memiliki masa kerja 1-6 bulan. Responden memiliki pengetahuan baik mengenai APD dan memiliki sikap peduli mengenai APD. Petugas K3 memberikan penyuluhan, pengawasan, dan pemberian sanksi, namun tidak ada pelatihan pada responden mengenai APD. Sebagian besar responden tidak menegur rekan kerja yang tidak menggunakan APD dan tidak melaporkan APD rekan kerja yang rusak pada petugas K3. Sebanyak 6 responden patuh dalam penggunaan APD dan 26 responden tidak patuh dalam penggunaan APD. Sebagian besar pekerja tidak menggunakan sepatu pengaman dan safety harness saat bekerja. Terdapat hubungan antara usia, pengetahuan, pemberian sanksi, dan dorongan rekan kerja terhadap kepatuhan penggunaan APD. Disarankan agar dilakukan pelatihan mengenai APD pada pekerja kerangka bangunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. FKM. 95-14 Sap f
Uncontrolled Keywords: PERSONAL PROTECTIVE EQUIPMENT
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsEmail
IKA ANJARI DOY SAPUTRI, 101211123057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIndriati Paskarini,, S.H., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 08 Oct 2014 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 01:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23802
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item