HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN SERTA PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEPATUHAN PEKERJA DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM K3. (Studi Pada Pekerja di PT. Liku Telaga Gresik)

MUHAMMAD AGUS ZAINI, 101011018 (2014) HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN SERTA PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEPATUHAN PEKERJA DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM K3. (Studi Pada Pekerja di PT. Liku Telaga Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gaya kepemimpinan dan penerapan kebijakan reward dan punishment merupakan bagian dari manajemen perusahaan yang dapat memepengaruhi faktor yang ada dalam diri pekerja yaitu kepatuhan dalam melaksanakan program K3. Gaya kepemimpinan yang efektif dan persepsi baik pekerja tentang penerapan kebijakan reward dan punishment dapat menumbuhkan sikap patuh pekerja terhadap program K3 tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan serta penerapan reward dan punishment terhadap kepatuhan pekerja dalam melaksanakan Program K3 Di PT. Liku Telaga Gresik. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan cross sectional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah 50 pekerja pada 4 bagian (SAP, ASP, SSP, MNT) yang terlibat langsung dalam proses prosuksi dengan menggunakan metode simple random sampling. Variabel bebas dari penelitian ini adalah Gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional dari supervisor serta persepsi pekerja terhadap program reward dan punishment pada aspek K3. Data penelitian dianalisa dengan uji spearman karena semua data adalah ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara gaya kepemimpinan transaksional (p = 0.030) dan transformasional (p = 0.007) dari supervisor serta persepsi pekerja terhadap penerapan kebijakan reward dan punishment (p = 0.043)dengan tingkat kepatuhan pekerja dalam melaksanakan program K3 di PT. Liku Telaga Gresik. Tingkat gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional yang tinggi cenderung berhubungan dengan tingkat kepatuhan pekerja yang tinggi. Sedangkan persepsi baik pekerja dalam penerapan kebijakan reward dan punishment pada aspek K3 memiliki kecenderungan berhubungan dengan tingkat kepatuhan pekerja yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat di berikan adalah supervisor dapat menerapkan gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional secara maksimal serta perusahaan juga dapat menerapkan kebijakan reward dan punishment yang tepat untuk meningkatkan kepatuhan pekerja dalam melaksanakan program K3 di PT. Liku Telaga Gresik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. FKM. 93-14 Zai h
Uncontrolled Keywords: LEADERSHIP; PERSONEL MANAGEMENT
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMMAD AGUS ZAINI, 101011018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Dwiyanti,, Dra., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 08 Oct 2014 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 01:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23804
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item