ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN APD DI UNIT PRODUKSI III PT. PETROKIMIA GRESIK

DIAN FITRIANI PERMATA SARI, 101211123141 (2014) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN APD DI UNIT PRODUKSI III PT. PETROKIMIA GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until July 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) merupakan tahap akhir dari upaya pengendalian bahaya di tempat kerja. Besarnya manfaat dari penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dalam bekerja tidak menjamin semua tenaga kerja akan menggunakannya karena masih banyak tenaga kerja yang tidak menggunakannya. Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku tenaga kerja sehingga tidak menggunakan Alat Pelindung Diri. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor yang berhubungan dengan penggunaan APD di Unit Produksi III PT. Petrokimia Gresik. Penelitian ini adalah penelitian statistik inferensial dengan rancangan cross sectional study dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Besar sampel berjumlah 82 responden diambil dengan metode simple random sampling dari besar populasi 102 tenaga kerja. Data yang diperoleh dianalisa secara statistik inferensial dengan menggunakan uji Chi- square. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar tenaga kerja di Unit Produksi III PT. Petrokimia Gresik telah berperilaku menggunakan APD dalam bekerja. Hasil analisa statistik menunjukkan bahwa pengetahuan (p= 0,018), motivasi (p= 0,039), dan peran pengawas (p= 0,023) mempunyai hubungan bermakna dengan perilaku penggunaan APD tenaga kerja. Saran yang dapat diberikan yaitu mengadakan program reward sebagai motivasi tenaga kerja untuk berperilaku menggunakan APD, meningkatkan pengawasan terhadap penggunaan APD secara rutin agar tenaga kerja lebih disiplin dalam menggunakan APD ketika bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. FKM. 88-14 Sar a
Uncontrolled Keywords: PERSONAL PROTECTIVE EQUIPMENT
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DIAN FITRIANI PERMATA SARI, 101211123141UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorY. Denny Ardyanto W.,, Dr Ir., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 08 Oct 2014 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 16:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23809
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item