ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DENGAN INDEKS POTENTIAL GAIN COSTUMER VALUE DI RSUD dr. MOHAMMAD SOEWANDHIE SURABAYA

SHEILA NUR SHABRINA, 101011044 (2014) ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DENGAN INDEKS POTENTIAL GAIN COSTUMER VALUE DI RSUD dr. MOHAMMAD SOEWANDHIE SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-shabrinash-33514-7.abstr-k.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
SHEILA NUR SHABRINA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit harus sesuai dengan kebutuhan dan harapan agar tercipta kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pada pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh RSUD dr. Moh Soewandhie Surabaya dalam peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit menggunakan indeks potential gain costumer value (PGCV). Penelitian dilaksanakan dengan rancangan cross sectional dengan pendekatan observasional. Dengan menggunakan media instrument kuesioner yang ditujukan pada 100 orang pasien yang memanfaatkan pelayanan rawat jalan. Subyek ditarik dari populasi dengan cara simple random sampling. Variabel yang digunakan yaitu variabel bebas (independen) dan variabel terikat (dependent) Harapan tinggi dan penilaian tingkat kepuasan pasien menggunakan CSIndex menyatakan puas yaitu sebesar 61% dan 45%. Hasil penghitungan dengan PGCV menunjukkan bahwa terdapat 5 prioritas kategori yang harus ditingkatkan kualitas pelayanannya. Dalam grafik I-P menunjukkan bahwa pada kuadran I pihak rumah sakit patut untuk mempertahankan kualitas pelayanannya. Namun pada kuadran II, pihak rumah sakit perlu lebih meningkatkan kembali kualitas pelayanan rumah sakit. Untuk hasil tabulasi silang menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kepuasan pasien dan harapan pasien (sig <α). Kesimpulan yang dapat ditarik adalah terdapat 5 prioritas kualitas pelayanan unit rawat jalan RSUD dr. Moh Soewandhie Surabaya yang perlu ditingkatkan kualitasnya. Untuk itu, hendaknya manajemen rumah sakit lebih memperhatikan kembali harapan pasien dan kepuasan pasien terhadap pelayanan rawat jalan rumah sakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. FKM. 122-14 Sha a
Uncontrolled Keywords: PATIENT SATISFACTION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SHEILA NUR SHABRINA, 101011044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDSetya Haksama, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 17 Oct 2014 12:00
Last Modified: 23 Sep 2016 00:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23817
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item