PENILAIAN RISIKO BAHAYA PADA PROSES PEMBUATAN SHEAR WALL (Studi Pada Pembangunan SOHO dan Apartemen Ciputra Surabaya)

ADE JIWANTYO HARJONO, 101011055 (2014) PENILAIAN RISIKO BAHAYA PADA PROSES PEMBUATAN SHEAR WALL (Studi Pada Pembangunan SOHO dan Apartemen Ciputra Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-harjonoade-33526-7.abstr-k.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ADE JIWANTYO HARJONO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan data dari Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi tahun 2009 sektor konstruksi menempati urutan tertinggi dalam kecelakaan kerja, yakni sebesar 32%. Pada proses pembuatan shear wall di SOHO dan Apartemen Ciputra Surabaya tenaga kerja harus bekerja di ketinggian. Bekerja di ketinggian merupakan pekerjaan yang mempunyai dampak fatal bila terjadi kecelakaan. Sehingga perlu dilakukan analisa risiko bahaya sebagai salah satu cara untuk menurunkan angka kecelakaan kerja. Penelitian yang dilakukan adalah deskriptif observasional dengan rancangan penelitian cross sectional. Pada penelitian ini dilakukan penilaian risiko menggunakan metode kualitatif yang mempertimbangkan kemungkinan terjadinya dan besar akibat yang ditimbulkan suatu kejadian. Pada penilaian risiko dilakukan identifikasi bahaya dengan menggunakan Job Safety Analysis (JSA) kemudian melakukan penilaian risiko menggunakan risk matrik, sehingga diketahui tingkat risiko pada pekerjaan pembuatan shear wall. Melakukan perhitungan risiko sisa menggunakan pedoman penilaian pengendalian. Pada proses pembuatan shear wall dibagi menjadi 4 langkah kerja seperti pemasangan tulang beton, pemasangan bekisting, pengecoran, dan pembongkaran bekisting. Pada pembuatan shear wall penilaian risiko yang ada adalah terjatuh dari ketinggian dan kejatuhan material risiko murni 15, terjepit risiko murni 9, iritasi dan terpukul risiko murni 4. Risiko sisa yang masih ada setelah dilakukan pengendalian pada risiko bahaya terjatuh dari ketinggian dan kejatuhan material adalah 3, risiko bahaya tangan terjepit 2, iritasi dan terpukul memiliki risiko sisa 1. Bahaya yang teridentifikasi adalah terjatuh dari ketinggian, kejatuhan material, terjepit, iritasi, dan terpukul. Penilaian risiko yang ada pada terjatuh dari ketinggian dan kejatuhan material memiliki risiko tinggi, tangan terjepit risiko sedang, iritasi dan terpukul risiko rendah. Sedangkan risiko sisa yang ada pada semua risiko tersebut adalah rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. FKM. 101-14 Har p
Uncontrolled Keywords: HAZARD IDENTIFICATION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ADE JIWANTYO HARJONO, 101011055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTjipto Suwandi, Prof. Dr., dr., M.OH., Sp.Ok.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 17 Oct 2014 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 20:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23827
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item