ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN SAFE BEHAVIOR TENAGA KERJA BERDASARKAN ACTIVATOR DAN CONSEQUENCE (Studi Pada Tenaga Kerja sub-cont A dan sub-cont B di PT. BSB, Gresik)

NURUL AZIZAH, 101011195 (2014) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN SAFE BEHAVIOR TENAGA KERJA BERDASARKAN ACTIVATOR DAN CONSEQUENCE (Studi Pada Tenaga Kerja sub-cont A dan sub-cont B di PT. BSB, Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-azizahnuru-33530-7.abstr-k.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
NURUL AZIZAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Safe behavior merupakan tindakan dari tenaga kerja yang dapat memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan. Berdasarkan teori Activator- Behavior-Consequence (ABC), safe behavior dapat dipengaruhi oleh activator dan consequence. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah menganalisis hubungan activator (peraturan dan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja, pengetahuan, sikap, pemenuhan kebutuhan selamat) dan consequence (positive reinforcement, negative reinforcement, dan punishment) dalam membentuk perilaku aman. Penelitian ini adalah penelitian observasional dengan menggunakan pendekatan cross-sectional study. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner untuk wawancara kepada responden dan observasi dengan menggunakan checklist. Data yang telah diperoleh dilakukan analisis secara desktiptif dengan menggunakan tabulasi silang dan koefisien kontingensi. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kerja yang ada di sub-cont A dan B di PT. BSB, Gresik sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 70% tenaga kerja sub-cont A dan B di PT. BSB, Gresik mempunyai safe behavior dalam melakukan pekerjaan. PT BSB, Gresik mempunyai peraturan dan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang telah disosialisasikan kepada seluruh tenaga kerja. Hasil analisa statistik menunjukkan pengetahuan sebagai activator, memiliki kuat hubungan yang sedang (C=0,488) dengan safe behavior tenaga kerja, sementara, consequences (positive reinforcement, negative reinforcement, dan punishment) mempunyai hubungan yang tidak signifikan secara statistik. Saran yang dapat diberikan yaitu membuat suatu program penghargaan bagi tenaga kerja yang berperilaku aman ketika bekerja serta, mengadakan program edukasi dan training mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja bagi tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. FKM. 98-14 Azi a
Uncontrolled Keywords: INDUSTRIAL SAFETY
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NURUL AZIZAH, 101011195UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErwin Dyah Nawawinetu, dr., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 17 Oct 2014 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 20:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23830
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item