HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN TINGKAT KECEMASAN ISTRI DALAM MENGHADAPI MENOPAUSE DI WILAYAH KERJA POLINDES TEBALO MANYAR GRESIK

EKA HENI SUSANTI, 101211123134 (2014) HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN TINGKAT KECEMASAN ISTRI DALAM MENGHADAPI MENOPAUSE DI WILAYAH KERJA POLINDES TEBALO MANYAR GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-susantieka-33536-6.abstr-k.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
EKA HENI SUSANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di Indonesia pada tahun 2000 jumlah wanita yang berusia diatas 50 tahun dan memasuki usia menopause sebanyak 15,5 juta orang, pada tahun 2020 diperkirakan jumlah perempuan yang hidup di usia menopause adalah 30,3 juta jiwa, tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui seberapa besar dukungan suami yang diberikan dan mengukur tingkat kecemasan wanita dalam menghadapi menopause. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancang bangun analitik cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua wanita usia 40-50 tahun yang telah melewati skrining di wilayah kerja polindes Tebalo Manyar Gresik. Sample penelitian ditarik dari populasi dengan probability sampling tipe simple random sampling. Wawancara kuesioner untuk dukungan suami dilakukan pada suami responden dan untuk mengukur tingkat kecemasan dilakukan kepada responden. Variabel independen adalah dukungan suami dan variabel dependen adalah tingkat kecemasan dan dianalisa menggunakan uji korelasi Spearman dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar (76,3%) responden tidak mengalami kecemasan dan sebagian besar suami responden (68,4%) tidak memberikan dukungan kepada istrinya dalam menghadapi menopause, hasil statistik dengan angka kemaknaan α = 0,05 diperoleh hasil p = 0,020 sehingga p< α, dan r = -0,376 berarti ada hubungan dukungan suami dengan tingkat kecemasan wanita dalam menghadapi menopause. Dapat disimpulkan bahwa bila dukungan suami sangat rendah kepada istri dalam menghadapi menopause maka hal itu dapat memicu tingkat kecemasan pada wanita dalam masa menghadapi menopause, sehingga dukungan suami sangat berperan dalam menurunkan tingkat kecemasan istri dalam menghadapi menopause.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. FKM. 148-14 Sus h
Uncontrolled Keywords: MENOPAUSE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
EKA HENI SUSANTI, 101211123134UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHari Basuki Notobroto, Dr., dr.,M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 20 Oct 2014 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 20:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23836
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item