ANALISIS PENGARUH PROMOTION EFFECTS DAN SWITCHING BARRIERS TERHADAP LOYALITAS PASIEN (Studi di Instalasi Rawat Inap Ruang Sakinah Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan)

NENY AHNAFIYA MAULINA, 101211123129 (2014) ANALISIS PENGARUH PROMOTION EFFECTS DAN SWITCHING BARRIERS TERHADAP LOYALITAS PASIEN (Studi di Instalasi Rawat Inap Ruang Sakinah Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-maulinanen-33577-7.abstr-k.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
NENY AHNAFIYA MAULINA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Strategi rumah sakit sangat diperlukan untuk upaya mempertahankan pelanggan, begitu pula dengan upaya promosi rumah sakit dalam meningkatkan kunjungan jumlah pasien. Berdasarkan data BOR diketahui bahwa di Ruang Sakinah Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan mengalami penurunan BOR sebesar 4,05 % dari tahun 2011 menuju tahun 2012, dan mengalami penurunan kembali sebesar 7,8 % pada tahun 2013. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh promotion effects dan switching barriers terhadap loyalitas pasien. Penelitian ini merupakan penelitian analitik yang menggunakan metode observasional dengan rancang bangun cross sectional. Kuesioner diberikan pada 53 pasien responden. Subyek ditarik dari populasi dengan teknik simple random sampling. Variabel bebas penelitian adalah promotion effects dan switching barriers. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian responden terhadap switching barriers Rumah Sakit yaitu: interpersonal relationship dinilai besar, attractiveness of willingness kecil serta purchase willingness dinilai besar. Pada variabel promotion effects menunjukkan bahwa responden memiliki attractiveness, purchase willingness, perceived acquisition value yang tinggi dan memiliki purchase behavior yang rendah. Sebagian besar responden dalam kategori pasien loyal. Uji statistik menggunakan regresi logistik berganda (sig.switching barriers:0,025, sig. promotion effects:0,01;α = 0,05). Kesimpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh antara promotion effects dan switching barriers terhadap loyalitas pasien. Mayoritas pasien adalah pasien baru dengan indikasi rawat inap adalah pasca melahirkan. Sehingga rekomendasi untuk menyusun strategi dalam mempertahankan pelanggan untuk menjadi loyal perlu meningkatkan switching barriers rumah sakit dan meningkatkan upaya promosi rumah sakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. FKM. 152-14 Mau a
Uncontrolled Keywords: LOYALITY; PROMOTION
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ5511.2-6300 Promotion of peace. Peaceful change > JZ5514-5526 Societies, associations, academies, institutes, etc., for peace promotion, research and education
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NENY AHNAFIYA MAULINA, 101211123129UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorStefanus Supriyanto, Prof. Dr., dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 24 Oct 2014 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 21:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23838
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item