ANALISIS TINGKAT PEMENUHAN PELAKSANAAN CONTRACTOR SAFETY MANAGEMENT SYSTEM (CSMS) BERDASARKAN OIL AND GAS PRODUCERS DI JOB PERTAMINA-PETROCHINA EAST JAVA TUBAN 2013

PUTRI AL-FATIH ARTHA HIDAYAH, 101011246 (2014) ANALISIS TINGKAT PEMENUHAN PELAKSANAAN CONTRACTOR SAFETY MANAGEMENT SYSTEM (CSMS) BERDASARKAN OIL AND GAS PRODUCERS DI JOB PERTAMINA-PETROCHINA EAST JAVA TUBAN 2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-hidayahput-33584-7.abstr-k.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PUTRI AL-FATIH ARTHA HIDAYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri minyak dan Gasbekerjasama dengan kontraktor sebagai pelaksana pekerja dalam menjalankan kegiatan produksinya.Kontraktor telah menjadi sumber daya manusia yang lebih berisiko dari karyawan perusahaan. Salah satu upaya untuk mengelola kontraktror/ subkontrator terlindungi dari resiko bahaya di lingkungan kerja yaitu melalui program Contractor Safety Management System (CSMS).Oil &Gas Procedures (OGP) merupakan petunjuk bagi pelaksanaan CSMS yang baik untuk industri minyak dan gas. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat pemenuhan pelaksanaan CSMS berdasarkan OGP. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Obyek penelitian adalah dokumen CSMS, sedangkan responden adalah tenaga kerja yang bertanggung jawab terhadap CSMS. Sampel ditarik dari populasi dengan cara purposive sampling.Wawancara mendalam dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang tingkat pemenuhan CSMS menurut OGP. Hasil penelitian didapatkan tingkat pemenuhan penilaian resiko 78,5%, pra-kualifikasi 100%, seleksi 100%, kegiatan pra-pekerjaan 97,2%, pekerjaan sedang berlangsung 83%, dan evaluasi akhir 0%. Tahapan CSMS yang sudah memenuhi kriteria OGP 100% yaitu pra-kualifikasi dan seleksi, sedangkan yang belum memenuhi kriteria OGP 100% yaitu penilain resiko, kegiatan prapekerjaan, pekerjaan sedang berlangsung, dan evaluasi akhir. Kesimpulan penelitian adalah tingkat pemenuhanContractor Safety Management Systemsecara keseluruhan sebesar 82%.Saran penelitian adalah perlu dilakukan evaluasi akhir pada kontraktor guna menilai kinerja kontraktor dan meningkatkan tingkat pemenuhan program CSMS berdasarkan OGP di JOB Pertamina-PetroChina East Java Tuban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. FKM. 153-14 Hid a
Uncontrolled Keywords: SAFETY MANAGEMENT SYSTEM
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN275-325 Practical mining operations. Safety measures
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
PUTRI AL-FATIH ARTHA HIDAYAH, 101011246UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Sulaksmono, dr., M.S., M.PH.,Sp.Ok.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 27 Oct 2014 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 22:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23845
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item