RISK ASSESSMENT PADA PEKERJAAN DI BAGIAN PRESS CUTTING PT. IONUDA GEDANGAN

EMA KUSUMAWATI, 101211123051 (2014) RISK ASSESSMENT PADA PEKERJAAN DI BAGIAN PRESS CUTTING PT. IONUDA GEDANGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-kusumawati-33604-7.abstr-k.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
EMA KUSUMAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kecelakaan adalah kejadian yang tak terduga dan tidak diharapkan yang berhubungan dengan pekerjaan di perusahaan. Angka kecelakaan kerja dapat dikurangi dengan managemen risiko agar perusahaan dapat terhindar dari setiap kemungkinan yang dapat merugikan perusahaan. Salah satunya dengan risk assessment. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan risk assessment pada pekerjaan press cutting di PT. Ionuda. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan cross sectional dan dianalisis secara deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dari observasional dan wawancara serta data sekunder dari perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja pada bagian press cutting di PT. Ionuda yaitu sebanyak 38 orang. Data kemudian dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian didapatkan 10 potensi bahaya dari 5 kegiatan yang ada di bagian press cutting dengan rincian 3 kategori risiko ekstrim, 2 kategori risiko tinggi, 4 kategori risiko sedang, 1 kategori risiko rendah. Residual risk yang dihasilkan yaitu sebanyak 8 residual risk yang memerlukan pertimbangan. Kesimpulan yang diperoleh adalah risiko yang ada pada pekerjaan press cutting tergolong risiko tinggi. Pengendalian risiko yang dilakukan oleh perusahaan sudah cukup bagus tetapi masih harus ditingkatkan karena risiko sisa yang dihasilkan masih lebih dari 50%. Saran yang dapat diberikan yaitu perlu dilakukan pembuatan Job Safety Analysis dan risk assessment, menyediakan APD (safety shoes, ear plug), lebih ketat memberi peringatan untuk pekerja yang tidak menggunakan APD, memberikan reward untuk meningkatkan motivasi pekerja, menggunakan serbuk kayu untuk membersihkan ceceran oli, dan memberikan penutup ban pada hand pallet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. FKM. 173-14 Kus r
Uncontrolled Keywords: RISK ASSESSMENT
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
EMA KUSUMAWATI, 101211123051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMulyono, S.KM., M. Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 Oct 2014 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 22:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23846
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item