KELUHAN MUSKULOSKELETAL BERDASARKAN KARAKTERISTIK DAN SIKAP KERJA PADA PEKERJA PT. IONUDA

JUWITA ISNAINI, 101211123049 (2014) KELUHAN MUSKULOSKELETAL BERDASARKAN KARAKTERISTIK DAN SIKAP KERJA PADA PEKERJA PT. IONUDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-isnainijuw-33605-7.abstr-k.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
JUWITA ISNAINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Musculoskeletal Disorders ( MSDs) merupakan suatu keluhan berupa rasa nyeri pada otot , syaraf dan tendon. Keluhan terjadi apabila seseorang melakukan pekerjaan pada posisi tidak ergonomic.WHO memperkirakan prevalensi gangguan muskuloskeletal mencapai hampir 60% dari semua penyakit akibat kerja.penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keluhan muskuloskeletal berdasarkan karakteristik dan sikap kerja pada pekerja PT.Ionuda,Gedangan. Penelitian ini bersifat deskriptif dan observasional dengan rancang bangun cross sectional . variable terikat adalah keluhan musculoskeletal dan variable bebas adalah karakteristik ( umur, masa kerja, kebiasaan olahraga dan kebiasaan merokok) dan sikap kerja (posisi leher, posisi tubuh,lama duduk, lama berdiri,posisi punggung) yang dilakukan responden. Responden yang diteliti adalah seluruh pekerja yang berjumlah 38 orang, sample yang di ambil menggunakan prinsip total sampling.data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan kontingensi koefisien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan hubungan antara keluhan muskuloskeletal dengan masa kerja responden berada pada tingkat hubungan tinggi. kekuatan hubungan antara keluhan muskuloskeletal dengan umur dan kebiasaan merokok responden berada pada tingkat hubungan sedang,kekuatan hubungan antara keluhan muskuloskeletal dengan posisi leher dan posisi punggung responden berada pada tingkat hubungan sedang. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor karakteristik dan sikap kerja dapat menyebabkan terjadinya keluhan muskuloskeletal pada pekerja bagian press cutting PT. Ionuda. Disarankan kepada perusahaan untuk menyadiakan stasiun kerja yang ergonomis dan kepada pekerja disarankan untuk mengubah posisi tubuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. FKM. 174-14 Isn k
Uncontrolled Keywords: MUSCULOSKELETAL DISORDERS
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems Including sexual problems, drug abuse,suicide, child abuse
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
JUWITA ISNAINI, 101211123049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Martiana, Prof.Dr.,dr.,M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 Oct 2014 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 22:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23847
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item