HUBUNGAN KARAKTERISTIK, LOKASI KERJA DAN SHIFT KERJA DENGAN TINGKAT KEPARAHAN KECELAKAAN KERJA DI PT. TERMINAL PETIKEMAS SURABAYA TAHUN 2013

ERLITA ANGGRAENI, 101211123053 (2014) HUBUNGAN KARAKTERISTIK, LOKASI KERJA DAN SHIFT KERJA DENGAN TINGKAT KEPARAHAN KECELAKAAN KERJA DI PT. TERMINAL PETIKEMAS SURABAYA TAHUN 2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-anggraenie-33610-7.abstr-k.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ERLITA ANGGRAENI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kecelakaan kerja adalah suatu kejadian yang tidak diinginkan yang menimbulkan kerugian baik waktu, harta benda, maupun korban jiwa yang terjadi di dalam suatu proses kerja industri atau yang berkaitan dengannya. Pekerja dengan sistem kerja shift harus memperhatikan kondisi saat bekerja di lokasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik, lokasi kerja dan shift kerja dengan tingkat keparahan kecelakaan kerja di PT. Terminal Petikemas Surabaya. Penelitian ini adalah termasuk penelitian cross sectional karena data tentang variabel diperoleh pada satu waktu dan merupakan penelitian deskriptif yaitu dengan menggunakan teknik kontingensi koefisien untuk menganalisis hubungan. Data yang diperoleh berasal dari data sekunder, data laporan kejadian kecelakaan yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian hubungan antara umur, shift kerja dan status pernikahan dengan tingkat keparahan kecelakaan kerja adalah hubungan sedang. Hubungan antara masa kerja dengan tingkat keparahan kecelakaan kerja adalah lemah. Sedangkan hubungan antara lokasi kerja dengan tingkat keparahan kecelakaan kerja memiliki tingkat hubungan kuat. Kesimpulan yang diperoleh lokasi kerja mempunyai hubungan dengan tingkat keparahan kecelakaan kerja di PT. Terminal Petikemas Surabaya. Saran yang diberikan antara lain: meningkatkan keselamatan di lokasi kerja utamanya di dermaga, karena letaknya yang di perairan sehingga banyak faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya kecelakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. FKM. 189-14 Ang h
Uncontrolled Keywords: INDUSTRIAL ACCIDENTS
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ERLITA ANGGRAENI, 101211123053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM. Sulaksmono, dr., M.S.,M.PH.,Sp.Ok.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 Oct 2014 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 22:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23852
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item