KOMITMEN KONTRAKTOR TAMBANG TERHADAP PENERAPAN CONTRACTOR SAFETY MANAGEMENT SYSTEM (CSMS) PT BERAU COAL (Studi pada Kontraktor Tambang di Job Site SMO Tahun 2014)

NOVINTIYASARI, 101011098 (2014) KOMITMEN KONTRAKTOR TAMBANG TERHADAP PENERAPAN CONTRACTOR SAFETY MANAGEMENT SYSTEM (CSMS) PT BERAU COAL (Studi pada Kontraktor Tambang di Job Site SMO Tahun 2014). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-novintiyas-33619-7.abstr-k.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
NOVINTIYASARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kontraktor turut berperan untuk melakukan kegiatan operasi penambangan. Contractor Safety Management System (CSMS) merupakan upaya untuk mengelola keselamatan kontraktor di industri pertambangan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari penerapan CSMS di PT Berau Coal dan mempelajari komitmen kontraktor tambang Sambarata Mine Operation (SMO) pada tahap pelaksanaan pekerjaan dan tahap evaluasi akhir. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Data penelitian didapatkan melalui wawancara, observasi dan data sekunder dari PT Berau Coal dan setiap kontraktor tambang di SMO PT Berau Coal yaitu PT MTN dan PT SIS. Data disajikan dalam bentuk tabel serta dianalisis dalam perumusan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CSMS di PT Berau Coal mengacu pada Prosedur Pengendalian Kontraktor (P-QSE-07). Tingkat komitmen ditunjukkan melalui Leading Indicator kinerja K3L oleh kontraktor tambang SMO pada tahap pelaksanaan pekerjaan. Tingkat komitmen kontraktor tambang SMO ditunjukkan melalui pengetahuan, sikap penerimaan, dan keterlibatan pada tahap evaluasi akhir. Pada tahap evaluasi akhir masih ditemukan beberapa kendala administratif yang dipengaruhi oleh tingkat komitmen kontraktor tambang untuk melakukan pengelolaan administrasi CSMS di PT Berau Coal. Kesimpulan penelitian yaitu penerapan CSMS PT Berau Coal telah dilakukan secara sistematis melalui tahapan CSMS. Komitmen kontraktor tambang job site SMO dalam penerapan CSMS pada tahap pelaksanaan pekerjaan dan tahap evaluasi akhir tergolong pada tingkatan komitmen yang baik dan cukup. Saran dari penelitian ini adalah dalam mengatasi kendala administratif CSMS maka perlu untuk melakukan sosialisasi, pembuatan instruksi kerja mengenai langkah pengelolaan administrasi CSMS, serta tinjau ulang Prosedur Pengendalian Kontraktor (P-QSE-07) PT Berau Coal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. FKM. 196-14 Nov k
Uncontrolled Keywords: OCCUPATIONAL HEALTH AND SAFETY ORGANIZATION; EMPLOYEE MOTIVATION
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN275-325 Practical mining operations. Safety measures
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NOVINTIYASARI, 101011098UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDenny Ardyanto W., Dr. Y., Ir,. M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 29 Oct 2014 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 02:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23859
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item