EVALUASI KESELAMATAN KEBAKARAN DI PT. PJB UP PAITON PROBOLINGGO

MOIKO SIVATINO, 101011050 (2014) EVALUASI KESELAMATAN KEBAKARAN DI PT. PJB UP PAITON PROBOLINGGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-sivatinomo-33621-7.abstr-k.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MOIKO SIVATINO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keselamatan pekerja yang berada di dalam bangunan dan lingkungannya harus menjadi pertimbangan utama terhadap bahaya kebakaran. Diperlukan sistem keselamatan kebakaran yang baik sehingga kerugian akibat kebakaran dapat diminimalisir. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi sistem keselamatan kebakaran di gedung administrasi PT. PJB UP Paiton-Probolinggo. Penelitian ini dilaksanakan dengan desain evaluatif. Obyek yang diteliti adalah sistem keselamatan kebakaran di PT. PJB UP Paiton-Probolinggo yaitu akses dan pasokan air untuk pemadam kebakaran, sistem proteksi kebakaran aktif dan pasif, utilitas bangunan, sarana penyelamatan serta unit penanggulangan kebakaran. Observasi dilakukan menggunakan lembar checklist untuk mengevaluasi akses dan pasokan air untuk pemadam kebakaran, sistem proteksi kebakaran aktif dan pasif, utilitas bangunan serta sarana penyelamatan. Sedangkan unit penanggulangan kebakaran dievaluasi dengan wawancara kepada Supervisor K3 dan Ketua Tim penanggulangan kebakaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi bahaya kebakaran di gedung administrasi PT. PJB UP Paiton-Probolinggo terdapat bahan mudah terbakar yaitu barang elektronik, dokumen hard copy yang disimpan di dalam map dan diletakkan di lemari kayu, serta pembatas ruangan yang terbuat dari tripleks. Sistem keselamatan kebakaran yang ada di gedung administrasi sudah baik, dilihat dari segi akses dan pasokan air untuk pemadam kebakaran, sistem proteksi kebakaran aktif dan pasif, utilitas bangunan, sarana penyelamatan serta unit penanggulangan kebakaran. Namun masih terdapat kekurangan yaitu pada komponen lapisan perkerasan dan jalur pemadam kebakaran, detektor di ruang pengemudi, pemeliharaan APAR, sambungan air untuk springkler, jumlah persediaan springkler, tanda arah dengan illuminasi, pintu darurat, dan pengujian fungsi pencahayaan darurat. Saran yang diberikan adalah mengganti pintu darurat dengan pintu tahan api, penandaan darurat dengan iluminasi harus diiluminasi secara terus menerus dan menyediakan lapisan perkerasan, menyediakan detektor pada ruang pengemudi, menyediakan FDC dan pengujian terhadap penerangan darurat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. FKM. 198-14 Siv e
Uncontrolled Keywords: INDUSTRIAL ACCIDENTS
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV675-677 Accidents. Prevention of accidents
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
MOIKO SIVATINO, 101011050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSho’im Hidayat, dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 29 Oct 2014 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 23:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23861
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item