EFEKTIFITAS KOMIK SEBAGAI MEDIA PROMOSI KESEHATAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR TENTANG KESEHATAN GIGI (Studi di Kelas 5 SDN Martopuro Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan)

ZUHRIYYATUL HAQ, 101111131 (2015) EFEKTIFITAS KOMIK SEBAGAI MEDIA PROMOSI KESEHATAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR TENTANG KESEHATAN GIGI (Studi di Kelas 5 SDN Martopuro Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-haqzuhriyy-38316-6.abstr-t.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-haqzuhriyy-38316-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menurut data RISKESDAS tahun 2013, sebesar 25,9 persen penduduk Indonesia mempunyai masalah gigi. Menurut umur penduduk yang berusia 10-14 tahun atau berada pada usia sekolah sebesar 25,5% mengalami masalah kesehatan gigi. Saat ini telah ada komik tentang kesehatan gigi milik Pusat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai media promosi kesehatan di sekolah. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasy Experimental Design. Pengisian kuesioner dilakukan oleh 80 siswa dan siswi kelas V yang tersebar di dua sekolah SDN Martopuro 1 dan SDN Martopuro 2. Pengambilan sampel dilakuan dengan cara Total Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media komik kesehatan gigi sedangkan variabel terikatnya meliputi pengetahuan, kepercayaan, sikap dan niat bertindak tentang kesehatan gigi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat pengetahuan dan niat bertindak pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Terdapat perbedaan tingkat pengetahuan, kepercayaan dan niat bertindak antara kelompok kontrol dengan kelompok perlakuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah komik milik Pusat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kepercayaan siswa SDN Martopuro Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan tentang kesehatan gigi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 114-15 Haq e
Uncontrolled Keywords: DENTAL HEALTH
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ZUHRIYYATUL HAQ, 101111131UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Widati, Dr., S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 17 Sep 2015 12:00
Last Modified: 05 Jul 2017 23:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23931
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item