HUBUNGAN FAKTOR INDIVIDU DAN FAKTOR SOSIAL TERHADAP PENILAIAN DIMENSI KUALITAS PRODUK DI APOTEK RAWAT JALAN (INSTALASI FARMASI RSUD DR MOEWARDI KOTA SURAKARTA)

ADE NURMA RUDITYA, 101111014 (2015) HUBUNGAN FAKTOR INDIVIDU DAN FAKTOR SOSIAL TERHADAP PENILAIAN DIMENSI KUALITAS PRODUK DI APOTEK RAWAT JALAN (INSTALASI FARMASI RSUD DR MOEWARDI KOTA SURAKARTA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-rudityaade-38324-6.abstr-t.pdf

Download (759kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-rudityaade-38324-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit perlu menjadi perhatian sebagai upaya tercapainya dimensi mutu efektivitas dan efisiensi. Perbaikan pelayanan kefarmasian yang ditunjukan oleh salah satu indikator yaitu indikator waktu tunggu yang seharusnya seharusnya dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Rendahnya capaian kepuasan pasien terhadap Instalasi Farmasi terutama di apotek rawat jalan merupakan indikator belum optimalnya pelayanan yang telah diberikan. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari hubungan faktor individu dan faktor sosial pasien terhadap penilaian dimensi kualitas produk di Apotek Rawat Jalan, Instalasi Farmasi RSUD Dr. Moewardi Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Sampel dihitung menggunakan rumus simple random sampling, yaitu sejumlah 96 orang dan diambil dengan cara systematic random sampling. Sampel yang digunakan adalah pasien yang pernah menggunakan pelayanan Apotek Rawat Jalan RSUD Dr. Moewardi Kota Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil penelitian mayoritas responden adalah kelompok umur 26-45 tahun, perempuan, tingkat pendidikan ≤ tamat SMP, tidak bekerja, tingkat pendapatan di < UMR. Faktor sosial responden mayoritas berasal dari acuan keluarga. Hasil penelitian menunjukan mayoritas responden memberikan penilaian tinggi untuk kualitas produk, yaitu meliputi dimensi kinerja produk, dimensi daya tahan produk, dimensi service ability, dimensi kehandalan produk, dimensi kesesuaian produk, dimensi aesthetic produk, dimensi perceived quality produk. Mayoritas responden memberikan penilaian rendah untuk dimensi fitur produk. Faktor yang berhubungan secara siginifikan dengan penilaian dimensi kualitas produk adalah umur (p=0,045) dan status pekerjaan (p=0,044) dengan α= 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor individu pasien yang berhubungan dengan penilaian dimensi kualitas produk adalah umur dan status pekerjaan. Faktor sosial pasien tidak berhubungan dengan penilaian dimensi kualitas produk yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 122-15 Rud h
Uncontrolled Keywords: PHARMACY SERVICES; CUSTOMER BEHAVIOUR
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ADE NURMA RUDITYA, 101111014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDjazuly Chalidyanto, Dr., S.KM., M.ARS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 17 Sep 2015 12:00
Last Modified: 15 Sep 2016 02:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23936
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item