EVALUASI KINERJA BILLING SYSTEM RAWAT INAP BERDASARKAN PERSPEKTIF PENGGUNA MENGGUNAKAN KERANGKA PIECES (Studi di Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya)

JIHAN ANFA, 101111136 (2015) EVALUASI KINERJA BILLING SYSTEM RAWAT INAP BERDASARKAN PERSPEKTIF PENGGUNA MENGGUNAKAN KERANGKA PIECES (Studi di Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-anfajihan-38417-6.abstr-t(1).pdf

Download (724kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-anfajihan-38417-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tingginya ketidakpuasan pasien tentang lama waktu pemberian informasi tagihan rawat inap di Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya hingga rata-rata 90,26% pada bulan Januari hingga November 2014 menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengetahuan, kebutuhan pelatihan dan keterampilan SDM pengguna tentang billing system rawat inap dan mengevaluasi kinerja billing system rawat inap Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya dari persepsi pengguna menggunakan kerangka PIECES. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik. Berdasarkan waktunya, penelitian ini termasuk cross sectional. Informasi yang didapatkan berasal dari 57 pengguna billing system rawat inap, yang melakukan verifikasi tagihan dan input tagihan pada aplikasi sistem billing rawat inap Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya. Penelitian dilakukan pada tanggal 3-9 Juni 2015. Pengetahuan pengguna billing system telah baik (59,6%), namun kebutuhan pelatihan masih belum terpenuhi (71,9%) dan keterampilan pengguna tidak baik (93%). Evaluasi kinerja billing system rawat inap menggunakan kerangka PIECES menunjukkan bahwa seluruh indikator adalah hambatan bagi kinerja billing system rawat inap dengan mean Performance 2,6667; mean Information 2,8319; mean Economy 2,6901; mean Control 2,7544; mean Efficiency 2,7661 dan mean Service 2,8596 dan hampir seluruh unit mengalami hambatan pada kinerja billing system. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara pelatihan dengan pengetahuan pengguna. Serta terdapat hubungan yang kuat antara pengetahuan dengan aspek efficiency dan antara keterampilan dengan performance billing system. Hasil evaluasi kinerja billing system rawat inap menggunakan kerangka PIECES yang dikemukakan Wetherbe menunjukkan bahwa seluruh indikator adalah hambatan bagi kinerja billing system. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, hal yang perlu dilakukan rumah sakit diantaranya adalah memberikan pelatihan kepada pengguna, mengembangkan sistem menjadi full integrated dan menyusun prosedur tetap tentang penggunaan billing system rawat inap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 117-15 Anf e
Uncontrolled Keywords: AUTOMATION; BILLING MACHINES; MEDICAL CARE, COST OF
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800-8360 Electronics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
JIHAN ANFA, 101111136UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDjazuly Chalidyanto,, Dr., S.KM.,M.ARS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 29 Sep 2015 12:00
Last Modified: 05 Jul 2017 23:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23942
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item