PERBEDAAN PENGETAHUAN, POLA KONSUMSI DAN STATUS GIZI ANTARA PENDERITA TUMOR GANAS PAYUDARA DAN TUMOR ANAK PAYUDARA (Studi Kasus di Poli Bedah Onkologi RSU Dr. Soetomo Surabaya)

RISA IRNAWATI, 100531878 (2007) PERBEDAAN PENGETAHUAN, POLA KONSUMSI DAN STATUS GIZI ANTARA PENDERITA TUMOR GANAS PAYUDARA DAN TUMOR ANAK PAYUDARA (Studi Kasus di Poli Bedah Onkologi RSU Dr. Soetomo Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-irnawatiri-9913-fkm134_-k.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-irnawatiri-8264-fkm134_-7.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pergeseran pola konsumsi menyebabkan meningkatnya prevalensi gizi lebih yang sering diikuti dengan timbulnya penyakit kanker. Kanker payudara adalah kanker yang paling Bering terjadi dan penyebab kematian terpenting pada wanita, menempati urutan kedua sesudah kanker rahim. Tumor jinak tidak memberikan perueahan pada status gizinya karena tidak disertai adanya kakheksia Sedangkan Tumor gangs dapat menyebabkan efek merupakan yang berat bagi status gizi penderitanya, yang paling Bering adalah akibat kekurangan gizi yang berat atau kakheksia. Hal ini dikarenakan akibat sel kanker mengambil zat gizi dari tubuh penderita, efek dari pengobatan terapi kanker dan faktor fisioiogis yang dapat mengganggu kecukupan gizi. Selain itu faktor pengetahuan tentang gizi dan pola makan penderita dapat mempengaruhi asupan nutrisi penderita yang akan berdampak pada status gizinya. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mempelajari perbedaan pengetahuan, pola konsumsi dan status gizi antara penderita tumor ganas payudara dan tumor jinak payudara. Penelitian ini merupakan penelitian komparasi yang bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh penderita tumor payudara yang menjalani rawat Plan di RSU Dr. Soetomo Surabaya. Besar sampel penelitian adalah 25 penderita tumor ganas payudara dan 25 penderita tumor jinak payudara. Variabel yang diteliti adalah karakteristik penderita, pengetahuan gizi, pola konsumsi, konsursi energi dan protein serta status gizi penderita. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji chi square (X). Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat pengetahuan gizi (p = 4,022), tingkat konsumsi energi (p = 0,042) dan protein (p = 0,004) antara penderita tumor ganas payudara dan penderita tumor jinak payudara, namun tidak ada perbedaan status gizi (p = 0,496) antara penderita tumor ganas payudara dan penderita tunor jinak payudara. Saran yang dapat diberikan untuk mencegah terjadinya malnutrisi pada penderita tumor ganas payudara vaitu meningkatkan asupan nutrisi dengan Cara memberikan makan dalam porsi kecil tetapi dalam frekuensi sesering mungkin dan mengadakan penyuluhan gizi dengan memberikan informasi poly diet yang dianjurkan dan bahan makanan untuk mencegah kanker agar dapat mengurangi resiko kanker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 134/07 Irn p
Uncontrolled Keywords: NUTRITION; BREAST � TUMORS;
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG491-499 Diseases of the breast
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
RISA IRNAWATI, 100531878UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorProf. R. Bambang W., dr., M.S., M.CN., Ph.D., SpGKMUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 06 Jan 2009 12:00
Last Modified: 02 Jul 2017 21:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23979
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item