FAKTOR YANG BERISIKO TERHADAP KEJADIAN OBESITAS PADA ANAK SEKOLAH DASAR (Studi Kasus di SDK Santa Theresia 2 Surabaya)

SITI KHOTIMAH, 100311254 (2007) FAKTOR YANG BERISIKO TERHADAP KEJADIAN OBESITAS PADA ANAK SEKOLAH DASAR (Studi Kasus di SDK Santa Theresia 2 Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-khotimahsi-9914-fkm135_-k.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-khotimahsi-8265-fkm135_-7.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Prevalensi obesitas pada anak usia sekolah dasar meningkat. Kasus obesitas pada anak lebih berat disandang karena berdampak pada psikososial, rasa percaya diri, sulit bersosialisasi, dan sejumlah penvakit menahun. Banyak faktor yang mendukung terjadinya obesitas pada anak vang perlu diketahui untuk mencegah dampak dan bahayanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa yang berhubungan dengan kejadian obesitas pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini bersifat observasinal analitik dengan desain penelitian case control. Jumlah sampel 100 siswa diambil berdasarkan rumus 2n:3n dengan jumlah kasus yang ditentukan sebelumnya oleh hasil screening. Untuk mengetahui besarnya risiko digunakan oleh ratio antara variabel bebas dan variabel tergantung. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara jenis kelamin responden, keturunan, tingkat konsumsi soft drink, lamanya waktu menonton TV, asupan energi total dengan kejadian obesitas. Sedangkan tingkat pendapatan orang tua, tingkat pengetahuan orang tua, konsumsi fast food, kebiasaan menonton TV sambil makan camilan, kebiasaan olah raga, sarapan, gizi seimbang dan asupan energi dari lemak terhadap total energi tidak terdapat hubungan yang bermakna dengan kejadian obesitas. Dari hasil penelitian disarankan agar sumber daya di sekolah yaitu kantin mengadakan penyediaan makanan dan minuman yang sehat sesuai dengan kebutuhan anak yang sedang tumbuh dan berkembang. UKS melakukan pendidikan dasar hidup sehat meliputi kebersihan lingkungan dan pengetahuan yang baik tentang makanan dan kandungan gizi, bekedasama dengan guru olahraga untuk mengadakan progam latihan khusus pada anak obesitas berupa olahraga dengan frekuensi dan hari yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 135/07 Kho f
Uncontrolled Keywords: OBESITY IN CHILDREN
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
SITI KHOTIMAH, 100311254UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Sumarni, S.KM., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 06 Jan 2009 12:00
Last Modified: 02 Jul 2017 21:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23980
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item