HUBUNGAN PERILAKU PEMANFAATAN SANITASI UNTUK MASYARAKAT (SANIMAS) MCK PLUS PLUS DAN SARANA SANITASI LINGKUNGAN DENGAN TINGKAT KEJADIAN DIARE PADA BALITA ( Studi di Kelurahan Taman, Keramatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Propinsi Jawa Timur Tahun 2007 )

SUTOPO, 100531872 (2007) HUBUNGAN PERILAKU PEMANFAATAN SANITASI UNTUK MASYARAKAT (SANIMAS) MCK PLUS PLUS DAN SARANA SANITASI LINGKUNGAN DENGAN TINGKAT KEJADIAN DIARE PADA BALITA ( Studi di Kelurahan Taman, Keramatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Propinsi Jawa Timur Tahun 2007 ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-sutopo-9920-fkm210-k.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-sutopo-8281-fkm210_-7.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sanitasi menipakan hal yang penting dalam kesehatan lingkungan, mengingat sanitasi sebagai upaya untuk mengurangi resiko penularan penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Masalah sanitasi sexing muncul di kawasan permukiman padat yang tidak tertata terutama permukiman perkotaan. Sanitasi yang buruk akan berdampak pada gangguan kesehatan terutama pada balita yang rentan terhadap perubahan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji hubungan perilaku pemanfaatan SANIMAS MCK plus plus dan sarana sanitasi lingkungan dengan tingkat kejadian diare pada balita di Kelurahan Taman Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dan, berdasarkan walctu penelitian tennasuk cross secliomd dengan metode survei. Wawancara dilaksanakan pada 70 responden. Sampel di tarik dan populasi dengan cara sample random sampling Wawancara dan observasi untuk mendapatkan informasi tentang variabel variabel yang di teliti. Variabel bebas penelitian ini adalah perilaku ibu balita terhadap pemanfaatan SANIMAS MCK plus plus dan sarana sanitasi lingkungan. Tingkat perilaku responden terhadap pemanfaatan SANIMAS yang dituangkan dalam 20 pertanyaan menunjukan sebagian besar ( 52,85 % ) memiliki perilaku baik, sedangkan hasil observasi terhadap sarana sanitasi lingkungan dengan 12 pertanvaan sebagian besar ( 74,28 % ) menunjukan kondisi baik Pengujian dengan Chi sguare menunjukan bahwa ada hubungan perilaku ibu balita terhadap pemanfaatan SANIMAS MCK plus plus dengan kejadian diare pada balita ( p = 0,000, OR = 8,68 ) dan ada hubungan saran sanitasi lingkungan dengan kejadian diare pada balita ( p = 0,0270, OR = 3,39 ) Kesimpulannya adalah ada hubungan perilaku pemanfaatan SANIMAS MCK plus plus dan saran saran sanitasi lingkungan dengan kejadian diare pada balita. Disarankan untuk lebih meningkatkan penyuluhan tentang manfaat SANIMAS MCK plus plus bagi kesehatan masyarakat sehingga diharapkan tingkat partisipasi terhadap SANIMAS meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 210/07 Sut h
Uncontrolled Keywords: COMMUNITY - SANITATION; DIARRHEA
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
SUTOPO, 100531872UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Ririh Yudhastuti, drh., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 07 Jan 2009 12:00
Last Modified: 02 Jul 2017 16:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23986
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item